Alma di Halbar Kembali Beroperasi, Pelabuhan Ferry Sofifi Tunggu Semester II 2022

Penoperasian Alma di Halbar.(Foto: Humas PLN Sofifi)

KBRN, SOFIFI: Perusahaan pelat merah, PT Pembangkit Listrik Negara (Persero) mengoperasikan kembali Anjungan Listrik Mandiri atau Alma di Pelabuhan Feri Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat. Hal itu sebagai wujud PLN mendukung kegiatan ekonomi di sektor perikanan dan kelautan di Provinsi Maluku Utara.

"Kini kami telah menghadirkan ALMA guna memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut di Halmahera Barat", ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi, Ridjal Abdul Rasyid dalam keterangan resmi kepada RRI, Jumat (13/5/2022).

Kehadiran ALMA menjadi harapan baru di sektor perikanan laut bagi masyarakat Maluku Utara khususnya yang berada di dataran Halmahera, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat.

"Terutama aktivitas sektor perikanan laut, sebagai kebutuhan listrik sementara seperti penerangan kapal, keperluan cold storage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga Pelabuhan Feri Sidangoli, hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI)," kata Ridjal.

Ridjal juga menambahkan, pengoperasian ALMA di Pulau Halmahera pun akan dilanjutkan pada semester dua tahun 2022 di lokasi Pelabuhan Feri Galala, Sofifi. 

"Tahun 2022 kami menargetkan pengoperasian ALMA dua unit, karena volume aktivitas di pelabuhan penyebrangan yang tinggi, sehingga ALMA cukup di lokasi Sidangoli dan Galala, Sofifi," tambah Ridjal.

Sementara itu, dukungan dan apresiasi yang diberikan Humas PT ASDP Cabang Ternate, Robi. Ia berharap terus menyediakan ALMA bisa ditambah di semua dermaga agar lebih banyak memberi manfaat untuk masyarakat dalam kemudahan mendapat layanan listrik yang handal, khususnya di wilayah kerja PT ASDP Cabang Ternate yang juga meliputi Pulau Halmahera.

“Kami menyambut dengan baik ketersediaan ALMA di dermaga Feri Sidangoli, sebagai program PLN Electrfiying Marine, harapan kami ALMA bisa hadir dan tersedia di seluruh dermaga kami", ujarnya.

Dengan beroperasinya ALMA di Halmahera Barat, saat ini PLN telah menyediakan 17 unit ALMA di berbagai pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara, di antaranya 5 unit di Ambon, 4 unit di Maluku Tengah, 3 unit di Ternate, 4 unit di Halmahera Selatan dan 1 unit di Halmahera Barat.

Pembangunan ALMA yang merupakan bagian dari program Electrifying Marineini lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar fokus pelanggan dan inovatif dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar