Orang Tua Siswa di Ternate Khawatir Soal Vaksinasi Anak

Vaksinasi anak yang dilakukan di SD Santa Theresia Ternate Senin, (24/1/2022). Dok. RRI.

KBRN, Ternate: Sejumlah orang tua siswa Sekolah Dasar Negeri 38 Kota Ternate mengaku khawatir soal pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang telah dilaunching Wali Kota Ternate pada Senin, 24 Januari 2022 kemarin.

Hal ini diungkapkan Linda, salah satu orang tua siswa saat mengikuti sosialisasi vaksinasi anak yang dilaksanakan oleh Puskesmas Perawatan Siko, Kecamatan Ternate Utara. Menurutnya, yang menjadi kekhawatiran orang tua adalah dampak yang ditimbulkan setelah anak divaksinasi. 

"Saya belum setuju (vaksin anak), nanti tunggu setelah mereka dewasa. Saya khawatir daya tahan tubuhnya baik atau tidak," ujarnya Kamis (27/1/2022).

BacaDinkes Ternate Gencar Lakukan Sosialisasi Vaksinasi Anak

Hal senada diungkapkan Kaisar, orang tua siswa lainnya. Ia mengaku masih membutuhkan waktu untuk melihat mentalitas anaknya terlebih dahulu sebelum siap menjalani vaksinasi.

"Anak saya tetap akan divaksin, tetapi butuh waktu, butuh waktu untuk membentuk mentalitasnya. Karena jangankan anak-anak, orang tua saja ada yang takut jarum suntik," jelasnya.

Dari hasil pantauan RRI di SD Negeri 38 Kota Ternate, sebagian besar orang tua siswa mengaku khawatir menyertakan putra-putri mereka untuk menjalani vaksinasi anak. 

Peran pemerintah melalui sosialisasi dan edukasi yang dilakukan bisa lebih efektif lagi sehingga bisa meyakinkan orang tua siswa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar