FOKUS: #TANGGAP BENCANA

10 Rumah Warga di Desa Kusu Rusak Akibat Puting Beliung

Rumah rusak di Desa Kusu akibat puting beliung (Foto: BPBD Tidore)
Rumah rusak di Desa Kusu akibat puting beliung (Foto: BPBD Tidore)

KBRN, Tidore :  Sebanyak 10 unit rumah warga di Desa Kusu kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan mengalami rusak, akibat diterjang puting beliung, Senin (24/1/22) pukul 18.00 WIT.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar mengatakan, 10 unit rumah warga Desa Kusu mengalami rusak ringan hingga berat.

“Kami memperoleh laporan dari Kepala Desa Kusu dan tim kami langsung melakukan verifikasi ke lokasi untuk mengecek kerusakan akibat puting beliung. Dari jumlah 10 unit rumah, yang mengalami rusak berat sebanyak 2 unit dan sisanya rusak sedang juga ringan,” ungkap Muhammad Abubakar, Selasa (25/1/22).

Abubakar bilang, hasil verifikasi telah dilaporkan ke Wali Kota Tidore Kepulauan dan bantuan rehabilitasi kerusakan bagi warga terdampak akan segera disalurkan.

“Besok rencananya kami akan memberikan stimulus berupa uang tunai kepada warga terdampak sesuai kategori kerusakan. Untuk rusak berat sebesar Rp 7 juta, rusak sedang Rp 5 juta dan Rp 2,5 juta untuk rusak ringan,” jelasnya.

Menurutnya, dua kepala keluarga yang rumahnya mengalami rusak berat saat ini mengungsi di rumah kerabat yang tidak terdampak puting beliung.

“Lokasinya berada didekat pantai, jadi delapan kepala keluarga lainnya masih bertahan dirumahnya masing-masing menunggu bantuan dari Pemerintah untuk perbaikan rumah mereka,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar