Targetkan Sebulan, Capaian Vaksin Anak di Malut Capai 100 Persen

KBRN, Ternate: Vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di 10 Kabupaten dan Kota Se-Maluku Utara (Malut) ditargetkan mencapai 100 persen pada bulan Februari 2022 mendatang.

“Setelah launching vaksin anak ini, pesan kita, dalam waktu satu bulan harus sudah mencapai 100 persen,” ungkap Kapolda Malut, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin kepada RRI dan sejumlah wartawan usai meninjau langsung peluncuran vaksin anak yang berlokasi di Sekolah Dasar (SD) Katolik, Santa Teresia Kota Ternate didampingi Danrem 152/Baabullah, Kabinda Malut dan Walikota Ternate, Senin (24/1/2022).

Kapolda juga mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk anak yang dilakukan ini, berdasarkan dengan surat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang vaksin anak di seluruh Kabupaten dan Kota Se-Indonesia termasuk di Malut.

“Estimasi kita, di tanggal 13 Februari ini seluruh vaksin anak 6 sampai 11 tahun sudah mencapai 100 persen,” katanya.

“Ini dilakukan karena kita diberikan waktu 1 bulan,” tambahnya.

Kapolda bilang, dari 10 Kabupaten dan Kota di Malut ini, jumlah penduduk khususnya anak, paling banyak berada di Kabupaten Halmahera Selatan dengan jumlah 28 ribu, kabupaten Halmahera Utara 22 ribu dan Kota Ternate 21 ribu.

“Sekarang capaian vaksin anak yang tinggi di Malut adalah Halmahera Timur dengan capaian 11 persen, Halmahera Utara dan Halmahera Selatan, sementara untuk kota Ternate baru diluncurkan,” katanya.

Peluncuran vaksin anak di Kota Ternate ini lanjut Kapolda, juga diikuti oleh Kabupaten dan Kota lain di Malut sekaligus dengan membentuk tim edukasi sehingga ada kemauan dari orang tua, guru maupun kepala sekolah.

“Kepala sekolah dan guru harusnya sudah sejalan dengan kita tentang bagaimana untuk menyukseskan vaksinasi anak di usia 6 hingga 11 tahun,” pungksasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar