DPPKB Ternate Luncurkan Pil KB Eksluton Ibu Menyusui Mendukung ASI Eksklusif Cegah Stunting

Kepala DPPKB Kota Ternate dr. Fathiyah Suma saat menyerahkan Pil KB Eksluton Ibu Menyusui Mendukung ASI Eksklusif Cegah Stunting (Dok.DPPKB Koter)
Kepala DPPKB Kota Ternate dr. Fathiyah Suma bersama penerima Pil KB serta PLKB Pulau Batang Dua (Dok.DPPKB Koter)

KBRN, Ternate : Mencegah kasus stunting di Kota Ternate terus dilakukan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Ternate, salah satunya dengan melakukan Peluncuran Pil KB Eksluton Bagi Ibu Menyusui Dalam Mendukung ASI Eksklusif Guna Mencegah Stunting.

Peluncuran Pil KB Eksluton tersebut dilakukan di Kecamatan Pulau Batang Dua yang dilakukan Kepala DPPKB Kota Ternate Dr. Fathiyah Suma didampingi Kepala Bidang KB Mimi Ummu Halimah Rahman dan Kepala Bidang Penggerakan Penyuluhan Nursia L. Azis bertempat di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Pulau Batang Dua.

Kepala DPPKB Kota Ternate dr. Fathiyah Suma usai peluncuran kepada RRI Kamis (20/1/2022) mengatakan, alasan utama wanita tidak menggunakan KB pasca bersalin adalah karena sedang menyusui dan khawatir akan efek samping, terutama pada Air Susu Ibu (ASI).

”Dengan peluncuran Pil KB Eksluton bagi ibu menyusui dalam mendukung ASI Eksklusif guna mencegah Stunting, karena itu ibu menyusui dapat menggunakannya sehingga ikut mencegah stunting,” ungkap dr. Fathiyah Suma.

Kegiatan dihadiri Ibu - Ibu Calon Akseptor, Para Kader IMP, PLKB, PPKBD, Sub PPKBD dan Koordinator Balai Penyuluhan KB kata dr. Fathiyah Suma juga sekaligus dimanfaatkan waktu untuk bisa bertatap muka langsung dengan para ibu menyusui yang juga akseptor KB aktif.

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Peluncuran Pil KB Eksluton secara Nasional oleh Kepala BKKBN Pusat dr. Hasto Wardoyo yang dilaksanakan secara virtual dengan mengusung jargon ”Minum Pil KB Pascasalin, ASI Lancar, Bayi Sehat".

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar