Albilad Universal Ternate Berangkatkan 9 Jemaah Umroh

Jemaah Umroh asal Maluku Utara yang diberangkatkan melalui Albilad Universal Ternate (Dok.Albilad)

KBRN, Ternate : Setelah dua tahun lebih pelaksanaan ibadah Haji maupun Umroh tidak dapat terlaksana akibat Pandemi Covid-19, yang mengakibatkan Pemerintah Arab Saudi menutup pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh. Kebarangkatan Jemaah Umroh dari Maluku Utara ini untuk pertama kalinya di masa Pandemi Covid-19.

Pada tanggal 8 Januari 2022 Pemerintah Arab Saudi mulai membuka pelaksanaan ibadah Umroh dan Selasa (18/2/2022) 9 jemaah Umroh dari Maluku Utara lewat Albilad Universal Ternate diberangkatkan ke Jakarta selanjutnya ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah Umroh.

Tour leader Albilad Universal Ternate Nurlela Syarif kepada RRI mengatakan jemaah Umroh untuk Albilad ada 120 orang yang tertunda keberangkatan sejak tahun 2020 lalu, namun yang berangkat ini karena kesiapan berkas maupun kesiapan jemaah, sehingga 9 orang hari ini diberangkatkan dengan menggunakan pesawat batik air menuju Jakarta.

”9 jemaah umroh ini berangkat menuju Jakarta selanjutnya akan bergabung dengan jemaah yang tergabung dalam asosiasi konsorsium di bawah Ampuri sehingga berjumlah 50 jemaah yang berangkat melaksanakan umroh,” ungkap Nurlaila Syarif

Jemaah umroh 9 orang tersebut kata Nurlaila Syarif berangkat menuju Jakarta kemudian melaksanakan karantina sehari dan selanjutnya menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines menuju Mekkah via Madinah.

Setibanya di Medinah para jemaah umroh akan melakukan karantina selama 5 hari kemudian tiga hari melaksanakan Umroh kemudian menuju Mekkah 4 sampai 5 hari selanjutnya akan kemudian kembali ke Jakarta dan melakukan karantina selama seminggu sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Para jemaah umroh melalui Albilad Universal Ternate sebelum berangkat telah mengikuti Bimbingan Manasik Haji singkat yang dilaksanakan di Asrama Haji Transit Ngade Ternate, disamping itu juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan maupun PCR.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar