Menhub Utus Tim Teknis Tinjau Lokasi Bandara Loleo dan Pelabuhan Petik Emas

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Malut, Armin Zakaria (Dok:RRI)

KBRN, Ternate: Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengutus sejumlah tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk melakukan survei rencana pembangunan Bandar Udara (Bandara) Loleo maupun pelabuhan petik emas Dasa Gita, Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Malut, Armin Zakaria saat dikonfrimasi RRI terkait dengan kunjungan tim Kemenhub, Senin (17/1/2022) menyatakan, kehadiran tim Kemenhub di Malut ini menindaklanjuti usulan dari Gubernur Abdul Ghani Kasuba sebagai upaya percepatan Ibu Kota Provinsi Malut di Sofifi.

Armin juga mengatakan, upaya percepatan ibu kota Sofifi itu dimulai dari konektivitas baik transporatasi udara maupun transportasi laut yang menghubungkan antara satu Provinsi dengan Provinsi yang lain di Indonesia.

Semua hasil peninjauan lapangan baik rencana pembangunan bandara hingga pelabuhan di Malut lanjut Armin, akan dilaporkan ke Menhub mulai dari persiapan hingga kekurangan di lokasi masing-masing.

“Hasil tinjauan di lapangan ini nanti akan dilaporkan dan kita nanti menunggu hasilnya seperti apa kedepannya,” ungkapnya.

Rencana pembangunan bandara Loleo hingga pelabuhan petik emas menurut Armin, akan dianggarkan menggunakan Anggaran Pendapatan Benlanja Negara (APBN) yang melekat di Kemenhub-RI.

“Kalau untuk anggaran pelabuhan itu tentunya akan pakai APBN dari Kemenhub, sementara untuk bandara dokumen perencanaannya dibuat oleh pemda nanti pekerjaan fisiknya baru diusulkan melalui APBN,” jelasnya.

Lebih lanjut menurut Armin, kebutuhan lahan pembangunan bandara Loleo seluas 30 hektare tetapi pemerintah kota (Pemkot) Tidore Kepulauan sesuai dengan pertemuan bersama dengan Kementerian, lahan bandara yang disiapkan seluas 100 hektare.

“Makanya Kemenhub mengirimkan tim tehnis kesini untuk melakukan penecekan lapangan untuk dilaporkan ke tingkat atas,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar