Angkut 18 Penumpang, Basarnas Evakuasi Kapal Kayu di Perairan Sula

KBRN, Ternate: Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari ini di Maluku Utara (Malut) mengakibatkan sebuah kapal kayu dengan POB 18 orang dikabarkan hilang arah saat sedang berlayar di perairan Mangoli, Kabupaten Kepulauan Sula. 

Laporan tersebut diterima Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate melalui Unit Siaga SAR Sanana dari Kades Paslal, Darno Kauhua, Minggu (16/01/2022).

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dalam siaran pers yang diterima RRI.co.id menyampaikan, kronologis infromasi hilang kapal dengan penumpang 18 orang tersebut terjadi pada pukul 15.30 WIT saat bertolak dari Sanana menuju ke Paslal. 

Setelah kurang lebih 2 jam perjalanan, terdapat cuaca buruk dan gelombang tinggi sehingga Kapal Body Kayu tersebut tidak dapat melanjutkan perjalanan dan sementara menambatkan kapal tersebut pada rumpon masyarakat di sekitar perairan Selatan Mangoli depan Desa Wasakai.

Unit siaga sar sanana yang menerima informasi tersebut langsung bergerak untuk melakukan pencarian dan pada 17.24 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana bersama team Sar gabungan diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB 01 Sanana.

“Unsur yang terlibat adalah Basarnas Ternate 4 personil, KPLP 6 personil dan keluarga korban 2 Personil,” ungkapnya mengakhiri.

Arafah bilang, data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sultan Baabullah Ternate mencatat, prakiraan cuaca saat ini hujan sedang, kecepatan angin 6- 20 Kts dari Barat Laut - Tenggara, arus 30 - 80 cm/second Barat Daya dengan tinggi gelombang 1,25 - 2,5 Meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar