BMKG Warning Angkutan Laut di Maluku Utara Terhadap Cuaca Ekstrim

KBRN, Ternate : Pengaruh pusat tekanan rendah di wilayah Selatan yang mengakibatkan terjadinya belokan angin di Perairan Maluku Utara menjadi pemicu adanya peningkatkan curah hujan pada sejumlah daerah di wilayah Maluku Utara.

Akibat kondisi ini BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate mengeluarkan peringatan dini akan adanya peningkatan curah hujan yang disertai angin kencang dan petir juga diikuti gelombang tinggi sehingga masyarakat terutama perusahaan pelayaran dan pengguna transortasi laut untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate melalui Kepala Seksi Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo kepada RRI Minggu (16/1/2022) mengatakan, selain pengaruh tekanan rendah juga didukung dengan suhu muka laut yang masih hangat sehingga menimbulkan tumbuhnya awan konvektif yang menjadi awan comuluslimbus mengakibatkan terjadi hujan sedang hingga lebat.

”Tekanan rendah di Wilayah Selatan Maluku Utara yang diikuti pengaruh suhu muka laut yang masih hangat mengakibatkan terjadinya peningkatan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Maluku Utara,” ungkap Setiawan Sri Raharjo.

Curuh hujan sedang hingga lebat ini kata Setiawan Sri Raharjo yang sering di sapa wawan, saat ini juga pemicu kondisi cuaca ini diakibatkan masih adanya La Nina Lemah menuju La Nina Moderat atau Menengah yang ikut menguatkan arus masa udara dari wilayah Samudera Pasifik Bagian Timur menuju ke Wilayah Barat membuat wilayah Maluku Utara terjadi hujan sedang hingga lebat.

Kondisi ini diprediksi akan terjadi hingga tiga hari ke depan karena itu kepada pengusaha pelayaran transportasi laut juga motoris serta para nelayan diminta dalam kondisi yang terjadi saat ini hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi hendaknya tetap memperhatikan kondisi cuaca saat melaut dan hendaknya selalu meningkatkan kewaspadaan.

Disamping itu juga masyarakat yang tinggal di sekitar sungai ataupun kali juga hendaknya selalu berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan dengan tingginya curah hujan yang dapat mengakibatkan banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar