Pemda Halmahera Utara Akan Berikan Bantuan Perbaikan Rumah Dampa Gempa

Sekda Kabupaten Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya (Dok.Ist)

KBRN, Ternate : Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara akan memberikan bantuan kepada masyarakat korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan.

Bantuan yang diberikan itu setelah dilakukan pendataan pada desa-desa yang terdampak gempa bumi yang terjadi tanggal 8 Januari 2022 lalu dan hingga kini masih terjadi gempa susulan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya kepada RRI Minggu (16/1/2022) mengatakan, bantuan kepada para korban gempa akan diberikan setelah diperoleh data yang valid dan dilakukan pendataan jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa melalui BPBD serta Dinas Sosial yang nanti disiapkan untuk memberikan bantuan.

”Saat ini dalam kondisi emergensi Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara melalui BPBD memberikan bantuan sembako berupa bahan makanan,” ungkap Erasmus Joseph Papilaya

Jika nantinya data rumah maupun fasilitas umum yang mengalami kerusakan sudah lengkap kata Erasmus Joseph Papilaya, pemerintah daerah akan segera menyalurkan bantuan, sehingga masyarakat dapat membangun kembali rumah mereka yang rusak akibat gempa.

Sementara itu sesuai data yang diperoleh dari Kepala Pelaksana BPBD Halmahera Utara Abner Manery sampai saat ini rumah warga yang terdata mengalami kerusakan tercatat sebanyak 198 rumah rusak ringan maupun sedang dan berat serta 9 unit bangunan fasilitas umum yang ada pada 10 desa di kecamatan Kao Barat dan Tobelo Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar