DKP Siapkan 3 Armada Long Boat Pengangkut Sampah di Laut Ternate

Sampah di pesisir Ternate

KBRN, Ternate: Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di tahun 2022 melakukan pengadaan  tiga unit armada laut tipe long boat untuk mengangkut sampah yang berada di pesisir maupun wilayah laut Ternate.

“Jadi pengadaan tiga armada sampah laut ini merupakan tindak lanjut penanganan sampah di Kota Ternate dan bagian dari program Ternate Andalan yakni pengelolaan kota yang bersih,” ucap Plt. Kadis DKP Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, Jumat, (14/1/2022).

Thamrin bilang, kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di kali mati (Barangka) sangat minim, alhasil sampah di kali mati semuanya bermuara di pesisir pantai jika terjadi hujan.

“Tiga armada tersebut akan ditempatkan di tiga kecamatan, yakni Ternate Tengah, Utara dan Selatan, nanti armada tersebut akan stay di pintu kali mati di tiga kelurahan tersebut,” jelasnya.

selain menyediakan long boat sebagai armada pengangkut sampah di laut, Thamrin juga mengatakan, rekrutmen sumber daya manusia juga akan dilakukan yang diperkirakan sebanyak 18 orang dengan pembagian 6 orang untuk satu armada.

“Armadanya dari kita, dan rekrutmen tenaganya juga dari, nanti kita koordinasikan ini ke Dinas Lingkungan Hidup juga, sebab setelah proses pengangkutan sampah ke darat, nah tugas teman-teman DLH lah yang mengangkut ke Tempat Pembungan Akhir,” pungkasnya. (zn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar