Tinjau Vaksinasi di Malut, Kapolri Minta Masyarakat Indonesia Waspada Varian Omicron

Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Didampingi Gubernur, Kapolda dan Danrem 152/Baabullah (Dok: RRI)

KBRN, Ternate: Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo minta warga masyaraat di Indonesia termasuk di Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk bisa lebih menerapkan protokol kesehatan (Protkes) dalam kehidupan sehari-hari serta tidak ragu untuk mendapatkan vaksin dosis pertama maupun kedua sebagai bentuk antisipasi penularan Covid-19 varian baru jenis Omicron.

Hal ini disampaikan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau langsung pelaksanaan vaksin massal di wilayah Malut yang terpusat di lokasi wisata pantai Sulamadaha, Kota Ternate, Jumat (14/1/2022).

Kapolri menyebut, Covid-19 varian Omicron saat ini sudah mulai terdeteksi di tanah air dengan jumlah kurang lebih 500 dan memiliki daya penularan yang lima kali lebih cepat dalam jangka waku 5 menit dari varian sebelumnya.

Penularan virus jenis baru ini menurut Kapolri, sebagian besar ditularkan dari pelaku perjalanan luar negeri.

“Maka itu, mau tidak mau, saya ingatkan kepada seluruh masyarakat yang ingin bepergian keluar negeri untuk bisa ditahan dulu,” ungkapnya.

Dengan penularan yang cepat dibandingkan dengan virus varian lama, dirinya menekankan agar wilayah-wilayah yang akselerasi vaksinasi masih rendah untuk harus lebih bekerja sehingga capaian tersebut bisa terpenuhi.

“Ini harus kita lakukan untuk menyelamatkan masyarakat kita,” akunya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolri juga minta semua stake holder di tanah air untuk bisa bekerja sama sehingga progres vaksinasi bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.

“Ini agar kita bisa mengahadapi virus varian baru dengan kondisi yang lebih siap lagi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar