Buat Dokumen Kependudukan, Warga Hiri, Moti dan Batang Dua Tak Perlu Lagi ke Ternate

Ilustrasi pembuatan data kependudukan. Foto: Istimewa.

KBRN, Ternate: Pemerintah Kota Ternate fokus meningkatkan pelayanan kependudukan untuk warga yang berada di tiga kecamatan terluar yakni Pulau Hiri, Moti dan Pulau Batang Dua.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate melalui program Peduli Bahim atau Batang Dua, Hiri dan , Moti memberikan kemudahan bagi warga di tiga kecamatan tersebut dalam membuat data kependudukan tanpa harus datang ke Ternate.

"Sesuai arahan Wali Kota, tahun 2022 program Bahim akan segera dioptimalkan, agar warga Moti, Hiri dan Batang Dua yang mau membuat dokumen kependudukan tidak perlu datang ke Ternate, kita kirim dari sini datanya dan dicetak langsung di sana", kata Kadis Dukcapil, Rukmini A. Rahman saat dikonfirmasi RRI.

Kata dia, bentuk pelayanan yang nantinya dapat dilakukan meliputi seluruh dokumen kependudukan, kecuali pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk cetak E-KTP dan KIA hanya ada di Dukcapil, ke depan kalau ada pengadaan ADM baru, kita akan integrasikan juga di sana", jelasnya

Mengingat ini program Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate yang membutuhkan dukungan dan kerja nyata dari OPD, kata dia, Dukcapil akan mengupayakan agar warga di tiga kecamatan tersebut segera menikmati layanan kependudukan tanpa harus berurusan bolak-balik Ternate

"Sehari dua ini kami akan lakukan rapat koordinasi pemantapan program ini dengan Lurah dan Camat dari tiga kecamatan itu", pungkasnya. (db24)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar