Atasi Masalah Sampah di Laut, Pemkot Ternate Bakal Siapkan Tiga Armada Khusus

Sampah berserakan di Pantai Falajawa. Foto: Istimewa.

KBRN, Ternate:  Pencemaran sampah di laut masih menjadi masalah akut yang dihadapi Kota Ternate hingga saat ini. Salah satu penyebabnya yakni masyarakat kota yang masih saja membuang sampah ke barangka atau kali mati yang bermuara ke laut, yang saat hujan deras, sampah tersebut terbawa aliran air hingga mencemari laut.

Untuk mengendalikan masalah itu, tahun ini Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP)  Kota Ternate akan menyiapkan armada laut pembersih sampah yang mencemari laut Ternate.

"Tahun ini pemerintah kota akan mengadakan armada pengangkut sampah. Kurang lebih tiga unit. Tujuan dari pengadaan armada ini, karena kita tahu sendiri hampir rata-rata masyarakat kita ini kan masih membuang sampah di bantaran kali, sehingga otomatis hilirnya ke laut," kata Thamrin Marsaoly, Plt. Kepala DKP Kota Ternate, Kamis (13/1/2022).

Untuk mengoperasikan armada, DKP akan melakukan perekrutan tenaga pengangkut khusus sampah yang berserakan di laut. Satu armada nantinya akan diawaki oleh enam orang.

"Jadi skema saya itu, ada tiga buah armada. Satu itu bisa 6 orang, (total) 18 orang. Jadi nanti tiga armada ini membelah tiga wilayah kecamatan, dari Ternate Selatan, Ternate Tengah dan Ternate Utara. Jadi stay-nya di hilir tempat keluarnya sampah, nah mereka (petugas) yang nantinya akan membersihkan," jelasnya.

Kata Thamrin, upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Ternate untuk mewujudkan Ternate yang bersih dari sampah.

"Yang pastinya, ini bentuk komitmen pemerintah kota terhadap pengelolaan sampah secara terpadu. Karena sampah itu tidak bisa dikelola secara terpisah," pungkasnya. (db24)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar