Gunung Api Gamalama Ternate Tetap Normal Sejak 2013 Berada di Waspada Level II

Kepala Posko Pemantauan Gunung Api Gamalama Ternate Dedi Nurani (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Aktivitas Gunung Api Gamalama Ternate sampai saat ini masih tetap normal dan berada pada Waspada Level II juga tidak terjadi ataupun menunjukan aktivitas yang menonjol.

Denegan kondisi tersebut hendaknya masyarakat tidak mendengar isu yang tidak benar dari oknum yang tidak bertanggung jawab mengenai kondisi Gunung Api Gamalama Ternate, tetapi memperoleh informasi dari pihak yang berwenang.

Sementara itu untuk tiga Gunung Api lainnya di Maluku Utara yaitu Gunung Api Gamkonora, Gunung Ibu dan Gunung Dukuno juga masih tetap berada pada Waspada Level II.

Kepala Posko Pengamatan Gunung Api Gamalama di Sangaji Puncak Ternate Dedi Nurani kepada RRI Rabu (8/12/2021) mengatakan, aktivitas Gunung Api Gamalama Ternate sampai saat ini masih dalam kondisi tetap normal dan tidak menunjukan peningkatan serta berada pada Waspada Level II sejak tahun 2013 lalu.

”Kami setiap hari selalu memberikan laporan dan rekomendasi kepada Pemerintah daerah maupun instansi terkait tentang perkembangan dan aktivitas Gunung Api Gamalama Ternate,” ungkap Dedi Nurani.

Setiap gunung api kata Dedi Nurani memiliki karateristik masing-masing kalau gunung api Gamalama jika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik ke pasca letusan sangat singkat.

Karateristik seperti ini memang dimiliki beberapa gunung api dan Gamalama jika terjadi peningkatan gempa vulkanik satu dua jam dan tiga jam kemudian bisa terjadi letusan, sehingga tetap berada pada Waspada Level II.

Masyarakat di sekitar gunung api Gamalama maupun pengunjung serta wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada radius 1,5 kilometer dari kawah puncak gunung api Gamalama.

Disamping pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di gunung api Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar