Warga Sangaji Minta Pemkot Ternate Bangun Tanggul di Pesisir Pantai

Kondisi pesisir pantai Sangaji. Fota: Dafi Baba

KBRN, Ternate: Warga terdampak gelombang tinggi di RT. 10 / RW. 04, Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate,  minta Pemerintah Kota segera membangun tanggul penahan ombak di pesisir pantai tersebut sehingga bisa meminimalisir kerusakan matrial akibat gelombang pasang.

“Harapan kami kedepan,  Pemerintah Kota Ternate bisa membangun tanggul di pesisir RT.10 sehingga bila terjadi cuaca ekstrim dan gelombang tinggi,  tidak lagi berdampak pada warga yang mendiami pesisir pantai sangaji, ungkap Murni, warga Sangaji Rabu, (8/12/2021)

Hal senada juga diungkapkan Mahmud Ici yang seluruh anggota Keluarganya telah dievakuasi, menurutnya Pemkot Ternate harus memiliki solusi jangka panjang untuk mengantisipasi dampak terburuk akibat cuaca ekstrim yang suatu waktu bisa kembali terjadi.

“Bagaimana caranya sehingga ini bisa diantisipasi , mungkin Pemerintah punya solusinya dan kami warga pesisir Sangaji dan warga lainnya yang terdampak bisa aman dari musibah serupa,” harapnya.

Terpisah, Lurah Sangaji, To Kahar mengatakan, harapan besar masyarakat pesisir Sangaji agar Pemkot secepatnya menyelesaikan proyek reklamasi yang sudah dilakukan hingga ke utara pantai sangaji.

“Reklamasi ini juga penting,  sebab sisi selatan sudah dilakukan tinggal di sisi utaranya saja, sehingga permukiman warga tidak lagi mengalami dampak akibat cuaca ekstrim dan gelombang pasang seperti saat ini,” pungkasnya. (zaq)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar