BMKG Perkirakan Masih Akan Terjadi Cuaca Ekstrim dan Gelombang Tinggi di Malut

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate Setiawan Sri Raharjo (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Cuaca ekstrim dan gelombang tinggi diprediksi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan di wilayah Maluku Utara termasuk di Kota Ternate.

Kondisi Ini diakibatkan karena di wilayah Maluku Utara bagian Utara masih dipicu adanya tekanan rendah yang sangat dominan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate melalui Kepala Seksi Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo kepada RRI Selasa (7/12/2021) mengatakan, cuaca ekstrim yang terjadi ini juga dipicu dengan kenaikan siklus air laut yang terjadi pada awal bulan Desember ini.

”Sesuai data harian kenaikan dari ketinggian air laut pada sore dan malam hari memicu terjadinya gelombang tinggi sehingga terjadi dorongan ombak masuk ke wilayah daratan atau pesisir,” ungkap Setiawan Sri Raharjo.

Kondisi gelombang tinggi ini kata Setiawan Sri Raharjo, harus tetap diwaspadai karena masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan, karena gelombang masih tinggi dan diprediksi sampai tanggal 10 Desember, namun pada tanggal 12 Desember kembali akan terjadi seiring dengan kenaikan permukaan air laut, sehingga harus diwaspadai.

Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, karena dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar