BWS Malut Targetkan 300 Geobag Terpasang di Pesisir Pantai Sangaji

Ratusan geobag sementara di pasang di pesisir pantai Kelurahan Sangaji. Foto: Dhavi Baba

KBRN, Ternate: Pasca gelombang pasang yang menerjang pesisir pantai Kelurahan Sangaji, Kecamatan Ternate Utara Senin malam, sejumlah warga bersama TNI-Polri, relawan Poltekkes Ternate, Komunitas Gojek, dan Pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku Utara bergotong royong membuat geobag penahan ombak Selasa, (7/12/2021).

Ruslan Rizal, PPOP SDA II BWS Malut kepada RRI mengatakan, pembuatan geobag merupakan langkah mitigasi yang dilakukan pihaknya guna mengantisipasi gelombang susulan yang kemungkinan masih akan terjadi di wilayah tersebut.

“Ada tiga titik krusial yang menjadi fokus penanganan kami dengan target 300 geobag bisa kami selesaikan sebelum sore nanti. Siang ini,  sudah berhasil terpasang sebanyak 200 geobag berkat bantuan dari warga dan relawan,” ucapnya.

Ruslan bilang, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk perencanaan jangka panjang sebab wilayah Kelurahan sangaji adalah kewenangan Pemkot Ternate, namun jika ini diusulkan ke pemerintah pusat maka pihaknya siap melakukan kajian dan pembangunan talud.

“Hingga semalam pasir yang kami jadikan geobag sebanyak 16 kubik dan itu merupakan bantuan dari pihak BWS serta donasi dari sejumlah warga Kota Ternate, termasuk 3 koli karung plastik untuk pembuatan geobag,” jelasnya.(ZN-DB).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar