BMKG Ingatkan Masyarakat di Malut Yang Tinggal di Pesisir Pantai Agar Tetap Waspada

Kepala BMKG Stasiun Meteorlogi Kelas I Sultan Babullah Ternate Joko Sumardiono (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Cuaca ektrim yang melanda Kota Ternate dan sejumlah wilayah di Maluku Utara diprediksi masih akan terjadi hingga tanggal 7 Desember bahkan bisa sampai 9 Desember 2021 mendatang.

Kondisi ini diakibatkan adanya Siklon Tropis Nyatoh yang berada di Utara Wilayah Maluku Utara, sehingga berdampak hujan lebat yang sering disertai angina kencang dan gelombang tinggi yang terjadi di wilayah Maluku Utara.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate Joko Sumardiono kepada RRI Senin (6/12/2021) mengatakan, dengan adanya Siklot Tropis Nyatoh kecepatan angin mengalami meningkatkan mencapai 75 knot perjam dan ini sangat berdampak terhadap terjadinya angin kencang dan terjadi peningkatan pada tinggi gelombang hampir di seluruh wilayah Maluku Utara.

”Dengan adanya Siklon Tropis Nyatoh mengakibatkan terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang serta gelombang tinggi dalam beberapa hari ini tidak saja di Kota Ternate tetapi juga di wilayah Maluku Utara,” ungkap Joko Sumardiono.

Menyinggung terjadinya Rob pada sejumlah pesisir pantai di Kota Ternate kata Joko Sumardiono, merupakan dampak dari Siklot Tropis Nyatoh juga bertepatan dengan di Maluku Utara sudah masuk musim penghujan ditambah lagi adanya La Nina serta sudah masuki fase bulan purnama, sehingga saat ini terjadi air laut pasang.

Sebenarnya untuk air laut pasang sudah sering terjadi pada setiap bulan, namun tidak sampai seperti yang terjadi saat ini. Akan tetapi dengan adanya Siklot Tropis Nyatoh ini ikut berpengaruh sehingga terjadi gelombang besar juga air pasang yan g mengakibatkan terjadi Rob, ujar Joko Sumardiono.

Kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai di Kota Ternate diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini, karena diprediksi hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi masih akan terjadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar