Tidak Ditemukan, Pencarian Nelayan Hilang di Sanana Dihentikan Basarnas

Pencarian Korban Hilang Basarnas Ternate (Dok: IStimewa)

KBRN, Ternate: Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Ternate resmi menutup operasi SAR atau pencarian terhadap Ardin Umasugi (26) Warga Desa Fogi, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara yang di duga jatuh di perairan desa Waiboga saat sedang memancing.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, Senin (6/12/2021) mengatakan, pencarian terhadap korban telah dilakukan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) Basarnas yaitu selama 7 hari.

Dimana lanjut Arafah, team rescue bersama potensi dan keluarga korban telah berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian terhadap korban, hanya saja dari pencarian hari pertama hingga hari ke tujuh korban belum dapat di temukan sehingga operasi SAR-pun di tutup dan korban dinyatakan hilang.

Arafah menambahkan, walaupun operasi SAR telah di tutup namun Basarnas tetap melakukan pemantauan.

“Apabila sewaktu-waktu para nelayan maupun kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian dan menemukan korban maupun tanda-tanda keberadaan korban agar segera melapor ke pihak Basarnas agar operasi SAR bisa di buka kembali,” ungkapnya.

Selanjutnya menurut Arafah, team rescue unit siaga SAR Sanana bersama potensi SAR melakukan koordinasi dan debrifing bersama keluarga korban. Dimana keluarga korban telah mengikhlaskan kepergian korban.

“Dengan telah di tutupnya operasi sar, maka semua unsur SAR yang terlibat dikembalikan kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih,” jelasnya.

Arafah juga menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas pelayaran maupun aktivitas memancing di laut agar lebih waspada dan berhati-hati, mengingat saat ini cuaca sedang tidak bersahabat alias cuaca buruk.

“Apabila terjadi sesuatu secepatnya melapor ke basarnas melalui emergency call 115 maupun nomor basarnas ternate yang sudah di sebar luaskan,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar