Cuaca Ekstrime, Polda Malut Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol, Adip Rojikan (Dok: Istimewa)

KBRN, Ternate: Kepolisian Daerah Polda Maluku Utara (Malut) melalui Bidang Humas (Bidhumas) minta seluruh warga masyarakat di Malut termasuk di Kota Ternate untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir serta gelombang pasang air laut.

Hal ini disampaikan kepala Bidang Humas, Kombes (Pol) Adip Rojikan saat dikonfrimasi RRI, Senin (6/12/2021) pasca gelombang pasang yang terjadi di beberapa pulau dan Kelurahan dalam wilayah Kota Ternate, Sabtu (4/12/2021) kemarin.

Adip juga mengatakan, dalam menghadapi suaca ekstrime di Kota Ternate beberapa hari terakhir ini, Polda Malut telah melakukan pemetaan wilayah rawan di 10 Kabupaten dan Kota yang dilihat berdasarkan dengan tingkat curah hujan masing-masing wilayah.

“Kita lihat berdasarkan dengan curah hujan yang tinggi dan drainase yang kurang bagus ataupun medannya yang kurang tinggi dibandingkan dengan permukaan air laut,” katanya.

Menurutnya, dengan kondisi ini Kepolisian setempat akan terus bersinergi dengan unsur terkait lain untuk bisa mengantisipasi bencana alam dalam kondisi cuaca ektrime yang terjadi tersebut.

“Ini dilakukan agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa dikurangi terutama kerugian materil,” ujarnya.

Menurutnya, antisipasi yang dilakukan ini, semua unit satgas terutama tim operasional turut dilibatkan terutama Satuan Brimob,Ditpolairud dan Ditsabhara yang memiliki kelengkapan dalam melakukan evakuasi.

“Tim ini yang memiliki sarana prasarana terutama dalam melakukan evakuasi para korban ketika hal yang tidak diinginkan itu terjadi,” jelasnya.

Dengan Kondisi ini adip minta seluruh masyarakat di Malut agar bisa lebih mengenal potensi ancaman di daerah masing-masing baik itu ancaman banjir, tanah longsor maupun gelompang pasang serta ancaman-ancaman lain yang bisa membahayakan masyarakat sekitar.

“Waspada boleh tapi kita harap tetap tenang dan tidak mudah terpancing dengan infromasi yang tidak resmi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar