BMKG Lakukan Simulasi Gempa Bagi Siswa SD Negeri 65 Jambula Pulau Ternate

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate Andri Wijaya Bidang (Tengah) saat memberikan arahan pada Kegiatan Mitigasi Bencana di SD Negeri 65 Jambula Ternate (Dok.RRI)
Suasaa Pembukaan BMKG dan RRI Go To School di SD Negeri 65 Jambula Ternate (Dok.RRI)
Staf BMKG Stasiun Geofisika Ternate Hermizal saat memberikan materi kepada peserta mitigasi bencana (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Para siswa SD Negeri 65 Jambula Pulau Ternate berlarian dari lantai dua sekolah mereka karena kaget adanya gempa bumi, Ini merupakan simulai yang dilakukan dalam meningkatkan pemahaman para siswa terhadap tanggap bencana dan mitigasi bencana kembali BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate bersama LPP RRI Ternate melaksanakan edukasi tanggap bencana kepada masyarakat dan siswa.

Kegiatan tanggap bencana tersebut dilakukan dalam bentuk BMKG Go To School dan Radio Mobile Tanggap Bencana RRI Ternate di SD Negeri 65 Kota Ternate sekaligus dengan melakukan simulasi ketika terjadi gempa.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate Andri Wijaya Bidang usai kegiatan kepada RRI mengatakan, pemahaman akan mitigasi bencana sangat penting dilakukan sehingga masyarakat termasuk para siswa dapat mengetahui dan memahami ketika terjadi bencana seperti gempa bumi maupun tsunami apa yang dapat dilakukan.

”Saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada BMKG yang telah bekerja sama dengan RRI Ternate melakukan pemahaman kepada masyarakat tentang mitigasi bencana,” ungkap Andri Wijaya Bidang.

Kegiatan yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat memberikan manfaat juga para siswa maupun guru dapat melanjutkan lagi kepada orang tua maupun masyarakat jika terjadi gempa apa yang harus dilakukan.

Sementara itu Wali Kelas VI SD Negeri 65 Fatmawati didampingi Aisun Senen atas nama Kepala  SD Negeri 65 menyampikan terima kasih kepada BMKG Stasiun Geofisika dan RRI Ternate yang telah memberikan pemahaman kepada para siswa menyangkut dengan mitigasi bencana dan diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut di tahun mendatang.

Salah seorang siswa kelas VI SD Negeri 65 Firajulmulki mengatakan dirinya merasa senang karena dengan kegiatan ini dirinya dapat mengetahui dan memahami apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana seperti gempa bumi dan berharap kegiatan ini tetap dilakukan karena sesuai apa yang diperoleh pada kegiatan ini daerah Maluku Utara rawan terhadap gempa.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan materi mengenai kegempaan serta metigasi bencana oleh staf BMKG Stasiun Geofisika Ternate Hermizal dan Mark Sofyan dilanjutkan dengan simulasi ketika terjadi gempa bersama para siswa SD Negeri 65 Jambula Pulau Ternate.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar