Kapal Rute Bacan dan Sanana Mulai Diizinkan Berlayar

Pelabuhan Bastiong Ternate. (Istimewa)

KBRN, Ternate: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate telah memberikan izin berlayar bagi kapal rute Bacan dan Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan. Sementara kapal rute Sanana, Kepulauan Sula rencananya mulai diberangkatkan Jumat, (3/12/2021) sore nanti.

Pasalnya, sejumlah keberangkatan kapal dari Ternate ditunda oleh KSOP hingga 2 Desember karena kondisi cuaca ekstrem di hampir seluruh wilayah perairan Maluku Utara.

“Kapal yang ke Kupal dan Babang sudah kami berangkatkan tadi malam (Kamis malam) Pukul 22.00 WIT. Direncanakan hari ini sesuai pantauan cuaca dari BMKG, sebelum Pukul 15.00 WIT kami berangkatkan kapal menuju Sanana,” ungkap Miraza Polpoke, Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas II Ternate.

Baca: Dampak Cuaca Ekstrem, KSOP Ternate Tunda Keberangkatan Kapal

Angin Kencang Hanyutkan 3 Kapal Nelayan di Ternate

Lanjut dia, untuk kapal rute Morotai, Manado dan Bitung, Sulawesi Utara masih dilakukan penundaan mengingat kondisi cuaca menuju wilayah tersebut masih belum memungkinkan untuk diberikan surat persetujuan berlayar (SPB).

“Cuaca harian yang kami pantau untuk Daruba Morotai, Manado dan Bitung itu gelombangnya masih tinggi,”

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Stasiun Meterologi Kelas I Sultan Babullah Ternate, peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Maluku Utara berlaku 2 hingga 7 Desember 2021.

Kondisi cuaca umumnya hujan ringan-lebat dengan potensi hujan sedang-lebat pada siang atau sore dan dini hari. Suhu udara berkisar antara 22 hingga 31 derajat celcius dan kelembaban berkisar antara 75 hingga 100 persen.

Angin umumnya bertiup dari arah Barat daya ke Utara dengan kecepatan antara 4 hingga 30 knots.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar