BMKG : Wilayah Maluku Utara Masih Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

KBRN, Ternate : Wilayah Maluku Utara diprediksi sampai 7 Desember 2021 mendatang masih terjadi cuaca ekstrim dan gelombang tinggi, sehingga BMKG tetap ingatkan kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan sering terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Kondisi cuaca di Maluku Utara yang masih akan terjadi hujan sedang hingga sangat lebat disertai dengan angin kencang tersebut mengakibatkan terjadi gelombang tinggi hampir di seluruh wilayah Maluku Utara.

Kondisi ini diprediksi oleh BMKG masih akan terjadi hingga tanggal 7 Desember 2021 mendatang diakibatkan masih terpantau adanya siklon Tropis Nyatoh di Wilayah Laut Philipina serta kondisi atmosfer global, regional dan lokasi yang tidak stabil.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate melalui Kepala Seksi Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo kepada RRI Jumat (3/12/2021) mengatakan, mengatakan, akhir November 2021 hingga awal Januari 2022 merupakan dampak dari fenomena La Nina, akibat adanya peningkatan masa udara di Wilayah Maluku Utara.

”Fenomena ini mengakibatkan beberapa wilayah di Maluku Utara berpotensi terjadi peningkatan kecepatan angin yang dapat disertai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” ungkap Setiawan Sri Raharjo.

Dengan terjadinya pusat tekanan rendah di Maluku Utara kata Setiawan Sri Raharjo, mengakibatkan wilayah Maluku Utara berpotensi terjadinya peningkatan kecepatan angin yang disertai hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat.

Dengan potensi peningkatan kecematan angin hingga 50 kilometer perjam yang disertai hujan lebat dan gelombang tinggi diatas 2 meter di sebagian besar wilayah Maluku Utara kepada perusahaan pelayaran juga nakhoda serta motoris dan pengguna jasa angkutan laut diminta jika akan berlayar hendaknya selalu memperhatikan kondisi cuaca, jika tidak memungkinkan jangan memaksakan untuk berangkat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar