Cuaca Ekstrem, BPBD Minta Warga Ternate Tingkatkan Kewaspadaan

Ilustrasi Hujan (Dok: Antaranews)

KBRN, Ternate: Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai mengeluarkan peringatan dini kepada warga masyarakat di Kota Ternate dalam memasuki cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari terakhir.

Peringatan dini yang dikeluarkan tersebut bersasaran kepada warga masyarakat yang bermukim di bantaran kali mati maupun di yang bermukim di sekitar lokasi galihan di hingga di pesisir pantai di wilayah Ternate.

Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Ternate, Arief Ghani dalam dialog interaktif dengan RRI Ternate pada program Kentongan, Kamis (2/11/2021).

Arif mengemukakan, dengan adanya peringatan dini dari BMKG dalam kondisi ini, BPBD telah menyampaikan kepada masyarakat melalui media maupun melalui surat resmi di tingkat kecamatan maupun kelurahan agar dapat mengimbau kepada warga masyarakatnya supaya tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Saat ini sedang terjadi hujan lebat, angin kencang disertai dengan petir, makanya kami minta supaya warga harus tetap waspada,” katanya.

Lebih lanjut Arif minta warga masyarakat di Kota Ternate untuk bisa lebih mengenal tingkat ancaman di wilayah masing-masing sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Terutama itu warga harus lebih kenal potensi ancaman di masing-masing dan bisa mengambil langkah sebelum ancaman itu terjadi,” katanya.

Meski begitu Arif dalam kesempatan tersebut minta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan informasi hoax terkait dengan situasi kondisi saat ini.

“Boleh waspada tapi jangan panik apalagi percaya dengan informasi yang tidak jelas,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar