Diterpa Angin Kencang, Kapal Pengangkut BBM Kandas di Perairan Tidore

Proses evakuasi kapal pengangkut minyak di perairan Rum, Tidore. Foto: Istimewa.

KBRN, Ternate: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate mengevakuasi SPOB. Harapan Baru, kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) yang kandas di Perairan Rum, Kota Tidore Kepulauan Selasa, (30/11/2021).

Kapal yang mengangkut BBM jenis Pertalite sebanyak 55 Kiloliter (KL) dan Dexlite 6 Kiloliter semula berangkat dari perairan Salero, Ternate Utara Pukul 06.00 WIT menuju Pelabuhan Rum, Tidore.

Setibanya di Rum Pukul 08.00 WIT, kru SPOB Harapan Baru lantas melakukan pembongkaran BBM, namun beberapa saat setelahnya kapal mengalami kandas akibat gelombang tinggi dan angin kencang.

“Kami kemudian mengerahkan Kapal KNP. 358 milik KSOP Ternate lalu melakukan penarikan dan kapal berhasil  keluar dari tempat kandas,” ungkap Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas II Ternate, Miraza Polpoke kepada RRI.

Baca: Dampak Cuaca Ekstrem, KSOP Ternate Tunda Keberangkatan Kapal

Hadapi Nataru, KSOP Ternate Uji Kelayakan 10 Kapal Penumpang

Proses evakuasi penarikan kapal berjalan baik dan memakan waktu kurang lebih dua jam.

“Pukul 10.00 WIT SPOB Harapan Baru berhasil keluar dari tempat kandas, tidak ada korban jiwa maupun kerusakan kapal dan muatannya juga aman,” jelasnya.

Setelah berhasil dievakuasi, SPOB Harapan Baru kembali ke tempat berlabuh di Salero sambil menunggu cuaca membaik sebelum kembali melakukan bongkar muatan di Rum, Tidore.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar