Dampak Cuaca Ekstrem, KSOP Ternate Tunda Keberangkatan Kapal

Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Istimewa.

KBRN, Ternate: Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate menunda sementara keberangkatan sejumlah kapal yang akan berangkat dari pelabuhan di Ternate.

Penundaan berlaku sejak 29 November hingga 2 Desember 2021 bagi kapal penumpang lokal, Ferry, kapal perintis, Landing Craft Tank (LCT), SPOB, dan kapal-kapal rakyat yang yang melayari wilayah Maluku Utara.

“Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, kami tunda keberangkatan kapal lokal yang akan berangkat dari Ternate,” kata Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, KSOP Kelas II Ternate, Miraza Polpoke kepada RRI Selasa, (30/11/2021).

Penundaan terutama untuk rute tujuan Loloda, Kedi, Dama, Morotai, Pulau Bacan, Pulau Obi, Kepulauan Sula, Mayau dan Tifure di Kecamatan Pulau Batang Dua, serta Bitung, Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami tunda keberangkatan kapal lokal seperti, KM Al Sudais tujuan Sanana, KM Uki Raya 23 dan 05, kapal Ferry tujuan Bitung, KM Mutiara Ferindo III, kapal perintis Sabuk Nusantara dan Kie Raha serta beberapa kapal rakyat yang berada di Pelabuhan Dufa-Dufa dan Bastiong,” sebut Miraza.

Baca: Hadapi Nataru, KSOP Ternate Uji Kelayakan 10 Kapal Penumpang

Kata dia, sesuai prakiraan cuaca yang diterima dari BMKG, wilayah di bagian Utara dan Selatan Kepulauan Sula, serta Perairan Obi  tinggi gelombangnya terbilang rendah, namun KSOP tetap menunda keberangkatan kapal yang akan melayari wilayah tersebut.

“Kami tetap menunda karena pertimbangan kami terkait kecepatan angin yang mencapai 20 Knot, dan ini bisa berefek pada tinggi gelombang yang signifikan,” ujarnya.

Sebelumnya BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di wilayah Maluku Utara yang berlaku 29 November Pukul 21.00 WIT hingga 2 Desember 2021.

Dalam prakiraan tersebut, tinggi gelombang berada di kisaran 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di Perairan Ternate, Morotai, Ternate-Bitung, Ternate-Manado, Ternate-Batang Dua, Ternate-Pulau Bacan, dan Ternate-Pulau Obi, serta Ternate-Kepulauan Sula dengan kecepatan angin 3 sampai dengan 20 Knots dari arah Barat ke Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar