HUT Korpri Ke-50, DPRD Minta Pemkot Ternate Lebih Tegakkan Disiplin ASN

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Zainul A. Rahman. (Foto: istimewa)

KBRN, Ternate: Peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Pemerintah Kota Ternate diminta secara tegas menegakkan disiplin kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Zainul A. Rahman kepada RRI, Senin (29/11/21).

Zainul menyatakan, melalui momentum HUT ke-50 Korpri ini, BKPSDMD tentunya harus terus menegakkan disiplin terhadap ASN, termasuk peningkatan kinerja.

"Hal ini sesuai komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate dalam program prioritasnya yaitu pembinaan ASN yang profesional dengan grand design reformasi birokrasi hingga tahun 2025 mendatang," ujarnya.

Menurut Zainul, untuk kalangan ASN sendiri sudah hampir dua tahun terakhir dibekali dengan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) jadi seharusnya sudah menjadi kewajiban teman-teman di ASN untuk bekerja secara profesional meningkatkan kinerja sesuai dengan sasaran kinerja yang diberikan kepada masing-masing orang itu, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Selain itu lanjut Zainul, meskipun pejabat yang baru dilantik itu merupakan bagian dari unsur kepentingan politik, namun dirinya meminta Pemerintah Kota harus benar-benar menegakkan aturan sesuai prosedur dan mekanisme terhadap evaluasi penilaian kinerja dengan mempertimbangkan kebutuhan analisa jabatan dan analisa beban kerja.

"Kalau bisa pesan langsung dari level bawah sampai atas harus menunjukkan peran serta tegas dalam melakukan pengawasan dan pengendalian secara internal," jelasnya.

Zainul bilang, dalam manajemen ASN untuk rolling, mutasi, promosi dan lain-lain harus menggunakan sistem merit dan bebas dari unsur kepentingan.

Dalam momentum HUT Korpri ke 50 tahun, dirinya juga berharap kedepan, ASN lebih profesional dan kepala daerah juga harus berkomitmen kuat dalam menegakkan disiplin ASN, termasuk mendukung reformasi birokrasi nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar