MUI Gelar Orientasi Imam Sekota Ternate

Kegiatan Orientasi Imam se-Kota Ternate. Foto: Dhavi Baba/RRI.

KBRN, Ternate: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate menggelar Orientasi Imam se-Kota Ternate di Aula Kantor Wali Kota Ternate Minggu, (28/11/2021).

Kegiatan ini merupakan upaya MUI meningkatkan kualitas pelayanan imam kepada para jamaah di masing-masing masjid di Kota Ternate.

"Kegiatan orientasi ini sebagai upaya meningkatkan kualitas imam kepada jamaah, karena kami dari MUI sering mendapat masukan dari jamaah terutama terkait kualitas bacaan ayat-ayat Al Qur'an dan bacaan doa lainnya yang perlu dibenahi" jelas MUI Kota Ternate, H. Usman Muhammad kepada RRI.

Kegiatan tersebut kata Usman, juga sebagai ajang bertukar informasi dan saling mengingatkan antara imam sekota Ternate, sehingga setiap saat imam terus meningkatkan kualitas bacaan ketika memimpin jamaah salat berjamaah di masjid.

“Pada prinsipnya tugas yang dilaksanakan imam itu sudah bagus, tapi tentunya kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas mereka,” ujarnya.

“Sekarang ini generasi muda kita banyak yang sudah hafal Al Qur’an, dan ketika salat berjamaah di masjid tertentu, kemudian mendengar bacaan imam yang tidak sesuai seperti yang dipelajarinya,tentu akan dipertanyakan, ini kenapa kok seperti ini,” lanjut Usman mencontohkan.

Asisten I Sekretaris Kota Ternate, Muhdar Din yang hadir memberikan sambutan saat diwawancarai berharap, peran imam tak sekadar memimpin salat saja, namun dapat meningkatkan kapasitas mereka dengan mengajarkan masalah agama sekaligus merangkul para pemuda untuk memakmurkan masjid.

Muhdar juga mengatakan, ia akan memberikan masukan kepada Wali Kota Ternate agar imam dapat diberikan insentif bulanan demi menunjang kesejahteraan para imam.

“Saya berfikir imam itu harus diberikan insentif perbulan, karena kerja mereka itu luar biasa. Selain imam, staf sara masjid juga harus diberikan insentif atau tunjangan. Kami akan dorong ini dengan menyampaikan ke wali kota,” ujar mantan Kadis Pendidikan Kota Ternate itu.

Kegiatan orientasi imam yang baru pertama kali digelar MUI tersebut masih dilaksanakan secara terbatas, sehingga belum diikuti oleh seluruh imam di Kota Ternate, termasuk imam dari Pulau Hiri dan Moti.

Ke depan kata Usman, pihaknya berencana kembali menggelar kegiatan serupa dengan melibatkan seluruh komponen imam dalam wilayah Kota Ternate tak terkecuali di dua kecamatan terluar tersebut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar