Kesejahteraan, Peningkatan Kapasitas Hingga Kekurangan Guru Jadi Prioritas Dikbud Halbar

Foto Guru dan Murid (Dok: Antaranews)

KBRN, Ternate: Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) mulai merangcang strategi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan guru di beberapa Kacamatan di Kabupaten stempat.

Kecamatan yang menjadi perhatian terkait dengan kekurangan guru di Halbar tersebut yakni berada di dua Kecamatan baik Kacamatan Loloda maupun Kecamatan Loloda Tengah.

Demikian Disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Halbar, Harun Kasim dalam dialog dinamika Malut di studio RRI Pro 1 Ternate terkait dengan refleksi Hari Guru Nasional 25 November 2021.

Menurutnya, semua data terkait dengan kekurangan guru di Halbar sudah dikumpulkan dan pihaknya memiliki beberapa strategi untuk mengatasi permasalah terkait dengan kekurangan guru.

Baca Juga: Pemerataan Guru, Sejumlah Sekolah di Halmahera Barat Bakal Ditutup

Langkah pertama lanjut Harun, pihaknya akan memindakan sejumlah guru dari sekolah yang memiliki tenaga pengajar lebih ke sejumlah sekolah yang jumlah gurunya masih sedikit.

“Kecamatan Ibu, Ibu Selatan dan Tabaru itu adalah Kecamatan yang berdekatan dengan Loloda dan mereka semua sangat siap untuk untuk dipindahkan ke dua Kecamatan yang kekurangan guru tersebut, karena langkah ini semata untuk memperbaiki dunia pendidikan di Halbar,” ungkapnya.

Baca Juga: Dukung Capaian Vaksin, Ini Langkah Dinas Pendidikan Halbar

Langkah lain untuk mengatasi masalah tersebut lanjut Harun adalah pengedaan tambahan guru kontrak atau penggabungan sejumlah sekolah yang jumlah siswanya dibawah standar.

“Ini supaya sekolah yang kita gabungan itu gurunya bisa kita berdayakan ke sekolah yang membutuhkan,” tuturnya.

Harun berjanji, setelah 2 bulan dilantik menjadi Kadikbud Halbar, pihaknya akan memprioritaskan terkait dengan kesejahteraan guru maupun peningkatan mutu guna di dunia pendidikan saat ini khsusunya di kabupaten Halbar.

“Di momentum hari guru tahun 2021 ini, saya yang juga sebelumnya sebagai seorang guru tentunya merasakan betul suka duka menjadi guru, untuk itu tidak ada ucapan lain selain ucapan selamat kepada seluruh guru bauik di halbar khususnya dan di Malut pada umunya, tetap semangat dan berkerja untuk indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar