Danlanal Ternate Buka Madabintal Taruna Baru STIMI

Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin saat membuka Madabintal Angkatan III STIMI Ternate. (Dok. Istimewa/Anca).

KBRN, Ternate: Calon Taruna atau mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Indonesia (STIMI) Ternate menjalani Masa Dasar Pembinaan Fisik dan Mental (Madabintal) Angkatan III di Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal), Ternate, Sabtu, (23/10/2021).

Ini merupakan kali ketiga STIMI Ternate menggelar Madabintal bagi calon taruna di Lanal Ternate yang dipimpin langsung Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ternate.

Ketua STIMI Ternate, Dr. Irham saat dikonfirmasi RRI mengatakan, Madabintal merupakan giat rutin STIMI bekerja sama dengan Lanal Ternate yang bertujuan untuk pembinaan karakter dan mental calon taruna-taruni sebelum menempuh bangku kuliah.

“Pembinaan karakter, fisik dan mental kepada 15 calon taruna ini penting dilakukan, karena sebagai calon taruna, mereka tidak hanya dituntut memiliki kemampuan atau pengetahuan secara intelektual, tetapi pengetahuan secara emosional juga harus dibentuk sejak dini,” ungkap Dr. Irham.

Latihan fisik calon taruna STIMI Ternate (Dok. Istimewa)

Sambung dia, mahasiswa sebagai kaum intelektual harus memiliki kemampuan moral, akhlak dan karakter yang baik sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh faktor buruk di luar lingkungan pendidikan. Sehingga tujuan yang ingin dicapai taruna selama berkuliah dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Di saat yang sama, Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin menyampaikan, giat yang dilaksanakan sehari penuh tersebut difokuskan pada materi-materi terkait pembinaan mental dan ideologi, materi wawasan kebangsaan dalam aspek kemaritiman, sekaligus latihan fisik baris-berbaris.

"Pendidikan karakter untuk  generasi muda, khususnya calon taruna ini sejak awal harus dikenalkan, karena karakter itu akan membentuk sikap kita, bagaimana kita akan menghadapi tantangan, baik tantangan semasa perkuliahan, maupun tantangan-tantangan pekerjaan yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti," tutur Danlanal yang belum lama bertugas di Ternate ini.

(Dokumentasi Istimewa)

Lanjut Danlanal, kedisplinan dalam dunia kemaritiman juga sangat penting diterapkan sejak dini sebelum memasuki bangku kuliah, karena ke depan ketika lulus, para taruna ini bakal menjamah dunia kerja di berbagai bidang, khususnya bidang pelayaran atau transportasi laut serta nautika.

"Misalnya ketika lulus dan mereka dipercayai mengawaki kapal, di kapal itu mereka punya tanggung jawab atas keselamatan para penumpang yang membutuhkan kedisplinan yang tinggi, mereka tidak boleh abai apalagi lalai dalam menjalankan tugasnya. Sehingga lewat giat ini, kita tanamkan kedisplinan itu kepada mereka," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00