Buka STQ Nasional, Menag: Bumikan Islam Damai Lewat Spirit Al-Qur'an

Pembukaan STQ Nasional Ke-XXVI di Sofifi (Dok: RRI)

KBRN, Sofifi: Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-XXVI di Sofifi, Ibukota Provinsi Maluku Utara (Malut) memiliki makna strategi, karena selain memiliki sejarah panjang yang kaya dengan nilai-nilai lokal, Malut adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan islam rahmatan lilalamin.

Hal ini disampaikan presiden Joko Widodo melalui Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat membuka secara resmi STQ Nasional ke-XXVI bertempat di panggung utama masjid raya Shaful Khairaat Sofifi, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Menang, STQN di Malut ini dirinya berharap agar dapat merawat dan membumikan Islam yang damai melalui spirit Alquran yang berkelanjutan. 

Karena menurutnya, Alquran adalah pusat energi yang tidak hanya menggerakkan dan juga merawat Islam dalam mewarnai keragaman nusantara.

Menteri Yaqut bilang, STQ bukan merupakan hajatan yang bersifat hura-hura atau gengsi bahkan untuk meraih keuntungan tapi STQ adalah langka kita untuk mengenalkan dan mendekatkan Alquran kepada masyarakat luas.

Sementara itu gubernur Abdul Ghani Kasuba dalam sambutannya mengatakan, dengan pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi ini akan menjadi saksi oleh para malaikat sehingga Malut bisa diangkat dari cobaan berat seperti Covid-19 yang saat ini terjadi.

"Saya sudah sampaikan kepada pak presiden bahwa saat awal Covid-19, kita sudah terkapar bahkan sudah putus asa, tapi dengan pertolongan Allah kasus Covid-19 di Malut tiba-tiba menurun dan insyaallah bisa melepaskan peserta untuk kemabli ke daerah dengan kondisi sehat," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00