PMI Kota Tikep Laksanakan Orientasi Kepalangmerahan Tenaga Sukarela

Saat Pembukaan Orientasi Kepalangmersahan Tenaga Sukarela (TSR) PMI Tikep (Dok.Humas Tikep)
Suasana

KBRN, Tidore : Untuk meningkatkan tugas Relawan PMI di Kota Tidore Kepulauan Wakil dilaksanakan kegiatan Orientasi Kepalangmerahan Tenaga Sukarela (TSR) Palang Merah Indonesia Kota Tidore Kepulauan yang berthema Wujudkan Relawan yang Tangguh dan  Memiliki Solidaritas Tinggi.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Oba Tengah Kota Tidore Kepulauanitu dibuka Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen selaku ketua PMI Kota Tidore Kepulauan.

Pada kesempatan itu Wakil Walikota selaku Ketua PMI Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan orientasi kepalangmerahan dan menyampaikan terimakasih kepada Tenaga Sukarela yang telah ikut menjadi bagian dari Keluarga Besar Palang Merah Indonesia Kota Tidore Kepulauan.

PMI memiliki posisi yang strategis dalam upaya membantu pemerintah dibidang sosial kemanusiaan, terutama tugas-tugas kepalangmerahan yang tidak mengenal lelah. PMI melaksanakan 3 (tiga) tugas penting kemanusiaan, yaitu pelayanan donor darah, pelayanan bencana, dan pelayanan masalah sosial.

”Tugas-tugas tersebut membutuhkan kerja keras dan kerjasama guna memenuhi kebutuhan sekaligus untuk melayani Seratus Ribu lebih penduduk Kota Tidore Kepulauan dan harus memberikan pelayanan yang maksimal dalam segala situasi dan kondisi”, ungkap Muhammad Sinen.

Keberadaan PMI Kota Tidore Kepulauan kata Muhammad Sinen telah banyak memberikan manfaat dalam membantu upaya-upaya Pemerintah Daerah dalam bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan. PMI Kota Tidore juga berperan menciptakan sumber daya manusia yang siap pakai yang secara sukarela dan sadar meluangkan waktu, menyumbangkan tenaga, pikiran, materi dan ketrampilan untuk membantu pengembangan kegiatan Perhimpunan Palang Merah Indonesia khususnya di Kota Tidore Kepulauan.

”Orientasi ini merupakan wadah yang strategis untuk menyiapkan calon anggota sukarelawan yang paham tentang aktivitas kepalangmerahan. Saya harap para Tenaga Sukarelawan PMI Kota Tidore Kepulauan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan seksama. Kegiatan ini merupakan desiminator kegiatan kepalangmerahan di masyarakat, sehingga sangat penting untuk diikuti oleh para Tenaga Sukarelawan”, lanjut Muhammad Sinen.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Syarifuddin Adjam kepada RRI Kamis (14/10/2021) mengatakan kegiatan PMI umumnya berkomitmen pada berbagai kegiatan kemanusiaan yang bertujuan memperbaiki hajat hidup masyarakat rentan, penanggulangan bencana, kesehatan, dan perawatan masyarakat.

”Sukarelawan dalam kegiatan PMI didasarkan pada rasa kemanusiaan dan upaya untuk menyelamatkan nyawa. Kita juga bisa turut bergabung menjadi sukarelawan untuk mengulurkan tangan dan membantu mereka yang membutuhkan. Kegiatan orientasi ini merupakan tahap awal dari proses rekrutmen relawan PMI Kota Tidore Kepulauan”, ujar Syarifuddin Adjam.

Peserta pada kegiatan Orientasi Kepalangmerahan ini terdiri dari Unsur Pengurus PMI Kecamatan Oba Tengah dan Unsur Kepemudaan dari desa yang berada di Kecamatan Oba Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00