Membumikan Pancasila, Apeksi dan BPIP Lakukan MoU

KBRN, Tidore : Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil IV menghadiri penandatanagan MoU antara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Badan Pembinaan Ideologis Pancasila (BPIP) di Yogyakarta.

Ketua Apeksi Komwil VI Capt. H. Ali Ibrahim mengatakan dengan arus globalisasi yang semakin pesat yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi, perlu adanya langkah konkrit untuk memperkokoh Pancasila.

”Saya akan memperkuat pendidikan pancasila di sekolah dan kampus secara massif, mudah dan kreatif, melalui media sosial maupun melalui interaksi dengan masyarakat serta mendorong kolaborasi dengan semua pihak atas pentingnya ideologi pancasila serta mengintervensi nilai nilai pancasila dalam kebijakan daerah,” Ungkap Capt. H. Ali Ibrahim

Kepada semua pihak Capt. H. Ali Ibrahim mengajak untuk ikut membumikan Pancasila, Atas dasar semangat toleransi, mari kita semua berkolaborasi, bersinergi dan gotong royong memperkuat ideologi dengan membumikan nilai-nilai Pancasila.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini sangat meyakini Pancasila bisa membawa daerah dan bangsa menjadi maju, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Karena pancasila adalah bentuk konsensus kita bersama yang harus kita jaga dan nilai nilainya harus diwariskan ke setiap generasi penerus.

Sementara Bima Arya selaku Ketua Apeksi pada kesempatan itu mengatakan upaya membumikan nilai nilai Pancasila terutama pada generasi muda harus dilakukan dengan cara kekinian. “Supaya Pancasila lebih dekat dengan milenial, kita harus mengajarkan lewat gaya-gaya milenial, seperti melalui kreatifitas, teknologi informasi, panggung budaya dan seni, aktifitas jalanan, dan cara-cara kreatif kaum milenial,” jelasnya.

Walikota Bogor ini juga mengatakan pemerintah daerah perlu mengambil peran dan kebijakan dalam APBD untuk merumuskan semangat membumikan Pancasila pada generasi muda. BPIP dan Apeksi segera merumuskan poin poin rekomendasi dalam APBD agar terbangun kesepahaman dalam implementasinya di daerah.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tidore Kepulauan Asis Hadad kepada RRI Rabu (13/10/2021) mengataka, ikut mendampingi Walikota Tidore Kepulauan pada acara tersebut, Kepala Dinas Perindagkop, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BPBD, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kepala Bidang Litbang Kota Tidore.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00