Kehadiran Presiden di STQ Nasional Tunggu Informasi Istana Negara

Persiden Joko Widodo saat Mengunjungi SULTRA (Dok: Antaranews)

KBRN, Ternate: Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) hingga saat ini belum bisa memastikan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Nasional ke-XXVI yang diseleneggarakan di Kota Sofifi, pada 16 hingga 25 Oktober 2021 mendatang.

Awalnya, kehadiran Presiden Jokowi ke Malut ini, selain membuka secara resmi kegiatan STQ, juga diagendakan untuk melakukan peresmian masjid raya Sofifi yang awalnya dilakukan peletakan batu pertama saat melakukan kunjuungan kerja ke Malut.

Ketua Panitia Daerah (Ketupat) STQ Nasional ke-XXVI, Salmin Janidi saat dikonfrimasi RRI, Senin (27/9/2021) mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi ke Malut belum ada kepastian dari Protokol Istana.

Menurutnya, sesuai protap, kehadiran Presiden ke satu daerah biasanya sudah ada pemberitahuan resmi ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Salmin yang juga Karo Bappelitbangda Malut juga mengatakan, dengan waktu yang sangat singkat kurang lebih satu minggu kedepan ini, semua jadwal terkait dengan kehadiran Presiden bisa saja terjadi atau ada perubahan.

“Dengan waktu singkat ini semua jadwal pak Presiden bisa saja berubah, dan yang bisa menjawab ini hanya ada di Protokol Istana Negara saja, karena kita hanya menggunakan SOP yang ada pada umumnya,” ungkapnya.

Baca juga: Korem 152/Baabullah Siapkan Pengamanan VVIP Kehadiran Presiden di STQ Nasional

Meski begitu Salmin memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) khususnya panitia STQ tingkat daerah sudah sangat siap menyambut kedatangan kepala negara ke Malut dalam rangka kegiatan STQ.

“Datang ataupun tidak, tentunya kami tidak bisa jangkau, yang pasti kita panitia daerah tugasnya hanya menyiapkan segala kebutuhan penciptaan situasi kondusif di daerah dengan membangun komunikasi dengan semua pihak,” tuturnya.

Ia juga mengemukakan, terkait dengan pembukaan STQ, pihaknya kembalikan ke panitia Nasional yaitu Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag-RI).

“Kalau pembukaannya kita kembalikan ke panitia Nasional, baik Presiden, Wakil Presiden maupun siapapun yang didelegasikan untuk membuka kegiatan, yang pasti kita sudah sangat siap,” jelasnya.

Untuk tamu undangan dalam kegiatan STQ Nasional di Sofifi lanjut Salmin, saat ini yang sudah memastikan diri untuk hadir dalam kegiatan adalah Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas sebagaimana yang sudah disampaikan saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Abdul Ghani Kasuba.

“Soal kehadiran pak Presiden itu domainnya Kemenag untuk melakukan upaya komunikasi ke dalam,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00