Asrama Haji Ternate Jadi Tempat Transit Kafilah STQ Nasional

KBRN, Ternate: Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mulai menyaipkan diri menghadapi kegiatan Selekti Tilawatil Quran (STQ) Nasional di Sofifi yang akan dilaksanakan pada 16 hingga 25 Oktober mendatang.

Persiapan tersebut karena Kota Ternate merupakan Kota transit kafilah maupun para tamu undangan dari Provinsi lain sebelum bertolak ke Sofifi yang terjadwal mulai tanggal 12 hingga 14 sebelum pelaksanaan STQ.

Sekretaris Satgas Kota Ternate, Arif Gani saat dikonfrimasi RRI, Selasa (21/9/2021) mengatakan, untuk persiapan STQ Nasional di Sofifi, pihaknya sudah melakukan rapat dengan panitia daerah, rapat tersebut dilakukan karena Kota Ternate menjadi pintu masuk ke Provinsi Maluku Utara.  

“Intinya Kota Ternate sebagai kota transit, kita sudah sangat siap,” ungkapnya.

Kesiapan itu menurutnya, Asrama Haji Ngade Ternate menjadi tempat transit alternatif sebelum para kafilah masing-masing Provinsi bertolak ke Sofifi.

Bahkan arif bilang, Satgas Covid yang bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga akan mendukung pelaksanaan STQ dengan menempatkan petugas di setiap pelabuhan yang menjadi pelabuhan kafilah dari Ternate menuju Sofifi maupun sebaliknya.

”Kita akan tempatkan petugas kita di tempat-tempat yang memang dianggap perlu baiuk pelabuhan maupun bandara,” akunya.  

Kehadiran petugas di pintu masuk maupun keluar tersebiut lanjut Arif, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para kafilah maupun tamu undangan lain yang akan hadir dalam kegiatan pelaksanaan STQ Nasional.

“Bahkan pusat-pusat perbelanjaan nanti kita menyambut suksenya STQ Nasional di Maluku Utara,” akunya.

Ia juga menyatakan, jika sebelum kegiatan ditemukan adanya peserta STQ yang terpapar Covid-19, tentunya yang bersangkutan akan dilkarentina sementara di Asrama Haji Ngade untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Langkah itu kita sudah bicarakan dengan panitia lokal dan unsutk isolasi terpusatnya ada di Asrama Haji Ternate,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00