Gandeng Masyarakat Maritim, Lanal Tanam Bibit Mangrove di Ternate

KBRN, Ternate: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Ternate, Kamis (16/9/2021) melakukan penanaman bibit mangrove di Kelurahan Gambesi, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Penanaman bibit mangrove yang digagas Lanal Ternate tersebut mengingat keberadaan lahan mangrove di Ternate yang sudah berkurang yang akan membawa dampak yang berantai bagi lingkungan, mulai dari erosi tanah oleh gelombang air laut, sampai dengan pengaruh terhadap hasil laut.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Ghani Kasuba melalui Asisten III Setda Provinsi, Asrul Gailea mengatakan, Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku Utara sangat mengapresiasi kegiatan Surya Bhaskara Jaya yang dilaksanakan oleh TNI-AL Ternate.

"Kita harus mendukung karena saat ini Lanal  masih fokus pada ekosistem mangrove," ungkap Asrul.

Foto Bersama Danal Ternate dan Forkompimda Maluku Utara Usai Penanaman Bibit Mangrove (Dok: Istimewa)

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI-AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P), Komaruddin mengatakan, kegiatan penanaman bibit mangrove ini merupakan kegiatan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXX tahun 2021 kerja sama Lanal Ternate dan Forkompinda Maluku Utara serta serta masyarakat maritim secara bersama.

"Setelah dilakukan penanaman nanti akan terus dipantau secara bersama oleh lurah Gambesi sehingga tumbuh dengan baik sehingga bisa dapat mengurangi abrasi pantai khususnya di perairan Gambesi," ungkap Danlanal.

Menurut Komaruddin, jika jumlah ini bisa tumbuh dengan baik maka bisa menahan instruksi air laut ke daratan dan itu sudah bisa mengurangi abrasi serta bisa juga menjadi tempat pemijahan dan pencari makanan bagi ikan-ikan nanti.

Kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut dihadiri Danrem 152/Baabullah, Kabinda Maluku Utara, Kakansar Ternate, Dirpolair Polda, Kapolres Ternate, Dandim 1501/Ternate dan instansi BUMN serta masyarakat dan komunitas maritim dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00