Atasi Masalah Sampah, OPD di Pemkot Ternate Akan Bentuk Satgas

Ilustrasi Satgas Sampah. (Dok: istimewa)

KBRN, Ternate :  Program kerja 100 hari Ternate Andalan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman dan Jasri Usman terkait penanganan sampah, akan dibentuk Satuan Tugas (Satgas) sampah pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, Tonny Safruddin Pontoh kepada RRI menyatakan, pembentukan satgas sampah di beberapa OPD ini telah disampaikan Wali Kota Ternate saat melakukan rapat evaluasi kemarin (Selasa, 22/6/21) bersama para Kepala OPD.

Dikatakan, ada beberapa langkah yang disampaikan Wali Kota, bahwa setiap OPD itu harus bertanggung jawab terhadap masalah sampah di lingkungan kerja masing-masing.

“Contohnya ketika sampah berada di Kecamatan atau Kelurahan itu nanti ditangani mereka, Dinas Perhubungan yang wilayahnya berada di terminal akan bertanggu jawab tangani sampah disitu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan tangani sampah di pasar, Dinas Kesehatan akan tangani sampah disejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit serta Dinas Perikanan yang akan mengatasi masalah sampah dipesisir pantai,” jelas Tonny, Rabu (23/6/21)

Sementara untuk Dinas Lingkungan Hidup, kata Tonny, hanya mengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) atau Trans Depo hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Jadi akan dikembalikan ke tingkat partisipasi masyarakat mulai dari Camat, Lurah maupun Rt/Rw dengan pembentukan satgas masing-masing guna pembersihan kota,” ujarnya.

Tonny bilang, program kerja 100 hari terkait penanganan masalah sampah ini bukan dianggap sudah selesai permasalahan yang ada, namun ini merupakan satu langkah awal Wali Kota untuk menyampaikan kepada masyarakat, dengan optimis menyelesaikan persoalan sampah yang terjadi saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00