Penggunaan Dana BOS dan BOSDA di Masa Pandemi Covid-19 Akan Dicek

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy.|| Foto: Opie

KBRN, Ternate : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate dalam waktu dekat ini akan mengecek penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dari tahun 2019, 2020 dan 2021 pada Dinas Pendidikan Kota Ternate.

Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy kepada RRI, Senin (21/6/21) menyatakan, pihaknya ingin memastikan penggunaan dana BOS dan BOSDA dimasa pandemi Covid-19 disejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu apakah sudah sesuai petunjuk dan ketentuan atau belum.

"Setelah mengecek penggunaan dana tersebut, kemudian akan melihat hasil dari seluruh dana yang digunakan, karena memang peruntukan di tahun 2019 hingga 2021 itu masih dalam kondisi pandemi Covid-19 akan di kroscek untuk sasaran penggunaannya" jelasnya.

Menurut Muhajirin, biasanya sasaran penggunaan dana itu untuk belanja Alat Tulis Kantor (ATK),  membantu peningkatan kompetensi guru dan membantu siswa. "Ini yang mau dicek dengan melihat jumlah siswa disekolah itu berapa kemudian siswa yang diberikan per orangnya berapa, apakah tepat sasaran atau tidak," tambahnya.

Muhajirin bilang, jika penggunaannya tidak tepat sasaran, maka pihak DPRD Kota Ternate meminta Inspektorat untuk segera melakukan pendalaman kembali terkait penggunaan dana BOS dan BOSDA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00