Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19, KKP Ternate Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

KBRN, Ternate: Lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan di sebagia besar wilayah Jawa juga patut diwaspadai di Maluku Utara, terutama Kota Ternate sebagai akses pintu masuk utama di Maluku Utara.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Ternate, dr. Aulianto kepada RRI Senin, (21/6/2021).

“Kita di Maluku Utara juga harus mengantisipasi kondisi ini, jangan sampai terjadi peningkatan-peningkatan kasus Covid-19”, ujarnya.

Hingga saat ini KKP juga terus melakukan penjagaan serta pengawasan di setiap pintu masuk baik bandara maupun pelabuhan guna memastikan setiap orang yang masuk ke Maluku Utara bebas dari Covid-19 maupun varian penyakit lainnya.

“Kami juga berupaya membuat beberapa promosi-promosi melalui media leaflet di pintu-pintu masuk, dimana hal itu bermaksud untuk mengajak masyarakat agar terus patuh dan disiplin menjaga prokes”, lanjut dia.

dr. Aulianto juga berharap terus ada kolaborasi dan kerja sama yang baik antara  instansi teknis terkait seperti BPBD melalui tim satgas Covid-19, Satpol PP, dan  aparat kemanan TNI-Polri untuk sama-sama melakukan upaya pendisplinan masyarakat di semua lini di Kota Ternate.

“Akan tetapi tidak hanya kami saja yang bekerja (melakukan pengawasan) tapi semua unsur harus terlibat, karena kita harus sama-sama saling menjaga dari potensi penularan virus”, terangnya.

Ia juga bilang, pengawasan Covid-19 tidak hanya menitikberatkan pada pengawasan di pintu masuk saja tetapi kesadaran masyarakat juga memiliki andil besar guna memutus rantai penularan Covid-19 di Maluku Utara.

“Kantor-kantor atau stakeholder juga perlu menekankan kepada pegawainya tentang kewajiban menerapkan disiplin prokes dengan 5 M”, harap dr. Aulianto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00