Karya Budaya Maluku Utara Dapat Sertifikat Warisan Budaya Ta Benda Indonesia

KBRN, Ternate : Karya Budaya Maluku Utara mendapat sertifikat sekaligus akan tampil pada Apresiasi Komunitas Budaya Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2019 di Istora Senayan Jakarta.

Para pendukung Karya Budaya sebanyak 16 orang bersama pendamping 2 orang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara dan 3 orang dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sula Minggu (6/10/2019) menggunakan pesawat Batik Air berangkat ke Jakarta.

Empat Karya Budaya Maluku Utara itu berupa tarian dan juga prosesi adat istiadat perkawinan serta kuliner halua kenari.

Kepala Seksi Sejarah dan Tradisi Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara Darwin A. Rahman kepada RRI sebelum bertolak ke Jakarta mengatakan, yang tampil pada apresiasi komunitas budaya Indonesia setelah lolos sebagai Warisan Budaya Ta Benda Indonesia .

”Karya Budaya Maluku utara yang lolos dan akan tampil nanti empat karya budaya Sula yaitu seni pertunjukan Beka Yai dan seni pertunjukan Laka Baka serta adat perkawinan Sula Mata Tia Bakai dan kuliner Halua Kanari,” Ungkap Darwin A. Rahman.

Untuk empat karya budaya ini kata Darwin A. Rahman dua karya budaya nantnya akan diberikan penghargaan di Jakarta sekaligus tampil pada Pekan Kebudayaan Nasional yaitu karya budaya Bela Yai yang merupakan tarian perang dari Sula dan kuliner Halua Kanari.

Sementara dua karya budaya yaitu Laka Baka dan adat perkawinan Sula akan diberikan apresiasi untuk tingkat provinsi dan akan tampil pada kegiatan HUT Provinsi Maluku Utara ke-20 di Sofifi.

Empat karya budaya Maluku Utara tersebut akan menerima penghargaan berupa sertifikat sebagai Warisan Budaya Ta Benda Indonesia pada tanggal 8 Oktober 2019 yang akan diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Gubernur Maluku Utara didampingi Bupati Kepulauan Sula dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara serta Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Sula di Jakarta. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00