Usai Diresmikan Dirjen Kebudayaan, LSB Molokiyah Harap Dukungan Pemerintah 

Dirjen Kebudayaan (tengah) usai resmikan LSB Molokiyah di Benteng Oranje, Ternate

KBRN, Ternate: Ketua Lembaga Seni dan Budaya Moloku Kiye Raha atau Molokiyah, Hasan Ali mengatakan, Molokiyah merupakan wadah pegiat seni budaya dan juga sebagai media kolaborasi antara komunitas-komunitas di Maluku Utara.

Diantaranya Sanggar Timur Jauh, Nomat, Kampung Warna, Perumnas Green School, dan Catile Of Art.

"Kami berharap, setelah ini masih banyak komunitas-komunitas yang akan bergabung di bawah bimbingan kami," ucap Hasan Ali saat kegiatan peresmian LSB Molokiyah oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud-ristek, Selasa (14/6/2022).

Ata sapaanya mengatakan bahwa lembaga yang didirikan pada 2017 atas dasar semangat mengembangkan seni dan budaya Moloku Kie Raha pun memiliki harapan kepada pemerintah.

Harapan tersebut diantaranya diutarakan di hadapan Dirjen, Wali Kota Ternate serta unsur OPD yang hadir.

 "Kami berharap pemerintah maupun swasta dapat mendukung dan mengapresiasi segala bentuk program kerja kami yang berhubungan dengan kesenian dan kebudayaan daerah ini," harapnya.

Sementara Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan bahwa sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendukung dan memfasilitasi komunitas-komunitas seni budaya daerah sebagai tonggak utama kemajuan kebudayaan.

"Kemendikbud-ristek mempunyai dana Indonesiana untuk mendukung pemajuan kebudayaan, dana ini bisa diakses secara online oleh siapapun, juga bisa dimanfaat oleh komunitas dalam rangka pemajuan kebudayaan," jelasnya.

"Termasuk lembaga ini (Molokiyah), bila tahun ini belum diajukan (dana), semoga tahun depan bisa diajukan ke kami," sambung Hilmar mengakhiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar