Rawat Tradisi, Pemkot Ternate Gelar Festival Ela-ela 2022

Ela-ela tradisi masyarakat Ternate yang terus dilestarikan.(Foto: Fuad/RRI)

KBRN, TERNATE: Tradisi Ela-ela atau menyalakan obor (lampion) di malam 27 Ramadan masih sangat kental di masyarakat Kota Ternate dan Maluku Utara (Malut) pada umumnya. 

Bahkan, pemerintah setempat juga sangat mendukung acara kebudayaan tersebut. Lihat saja, Pemerintah Kota Ternate, Dinas Kebudayaan akan menggelar Festival Ela-ela pada Kamis (28/4/2022) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Sarif H Sabatun mengatakan, Festival Ela-ela bakal diikuti 17 kelurahan dari 5 kecamatan di Kota Ternate.

Festival yang digagas dalam rangka menjaga nilai-nilai tradisi adat se atorang ini bakal resmi dimulai dari Masjid Kesultanan Ternate usai salat Magrib. 

Pelaksanaannya sendiri kata Sarif, akan dibuka Wali Kota M Tauhid Soleman.

“Dalam Festival Ela-ela ini kita mengangkat tema yakni "Cahaya Ela-ela di Antara Aroma Rempah Ternate Andalan',” kata Sarif dalam keterangan tertulis kepada RRI, Selasa (26/4/2022).

Karena pelaksanaannya yang berlangsung serentak dalam waktu semalam, para juri pun disiapkan di masing-masing kelurahan untuk mengambil penilaian. Tentu, ada beberapa aspek yang menjadi kriteria dari penilaian.

Karena diselenggarakan dalam bentuk perlombaan, tambah Sarif, maka ada pemberian hadiah berupa Trofi bergilir Wali Kota Ternate maupun bonus uang tunai.

“Untuk juara kita bagi menjadi juara satu, dua dan tiga. Lomba ini gratis bagi kelurahan yang mendaftar tapi pendaftarannya sudah ditutup sore ini,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar