Inilah Produk Microsoft 2 Series Xbox Terbaru

KBRN, Jakarta: Persaingan antara perusahaan game console di tahun 2020 ini semakin sengit. Di akhir tahun 2020 ini, Microsoft secara resmi meluncurkan 2 Series Xbox terbarunya, yaitu Xbox Series X dan Xbox Series S. Kedua seri Xbox terbaru ini sudah lama dinanti-nantikan oleh para penggemar game console ini. Microsoft meluncurkan kedua Xbox Series ini pada tanggal 10 November 2020. Namun, bagi Anda yang tidak sabar, dapat membelinya secara preorder sejak bulan September 2020. Xbox Series X paling banyak diperbincangkan oleh penggemar game console di seluruh dunia.

Hal ini dikarenakan perangkat Xbox tersebut memang memiliki spesifikasi yang cukup tangguh. Bagi Anda yang penasaran, berikut adalah ulasan spesifikasi lengkap dari Xbox Series X yang wajib untuk diketahui.

Spesifikasi Lengkap Xbox Series X

Microsoft bisa dibilang sangatlah percaya diri dengan produk Xbox Series X terbarunya ini. Perangkat game console ini diklaim memiliki kekuatan performa yang jauh lebih besar dibandingkan seri Xbox One dan Xbox One X. berikut adalah ulasan lebih rinci tentang perangkat Xbox One X yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Desain

Salah satu hal paling mencolok dari perangkat Xbox Series X ini adalah tampilan console yang menyerupai perangkat CPU pada komputer PC. Hal ini merupakan suatu hal yang baru, karena perangkat ini menanggalkan desain khas yang selama ini dimiliki oleh Xbox. Keuntungan dari desain bentuk yang baru ini adalah, kini Anda dapat meletakkan Xbox tersebut baik dalam posisi vertikal maupun horizontal.

Di sisi lain, aksesoris controller dari perangkat console Xbox ini masih mengadopsi bentuk yang sama dengan controller seri Xbox One. Perbedaannya, perangkat controller tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru untuk menunjang kenyamanan Anda dalam bermain. Console ini hadir dengan warna hitam legam yang membuatnya terlihat perkasa.

2. Dapur Pacu

Microsoft menanamkan komponen CPU tipe AMD Zen 2 yang diperkuat dengan Radeon RDNA untuk performa mesin yang bertenaga. Kinerja prosesor milik Xbox ini diperkuat dengan 8 inti yang mampu menghasilkan daya output hingga mencapai 3,8 GHz apabila fitur SMT (simultaneous multithreading) dimatikan. Sedangkan, apabila fitur SMT dinyalakan, maka daya output dari CPU ini hanya mampu mencapai 3,6 GHz saja. Microsoft memungkinkan para developer untuk menyalakan atau bahkan mematikan fitur SMT tersebut demi fleksibilitas penggunaan hardware.

Namun, yang pasti perangkat CPU ini menggunakan 7 core khusus untuk menjalankan game. Sedangkan, untuk sistem operasi hanya menggunakan 1 core. Ini berarti Anda dapat memainkan berbagai macam game console dengan leluasa. Tak hanya itu, Microsoft juga mempersenjatai perangkat Xbox ini dengan Custom RDNA 2 sebagai GPU. Tenaga dari GPU ini tentunya tidak bisa dianggap remeh.

Komponen kartu grafis ini mampu menghasilkan kecepatan komputasi hingga mencapai 12 TFLOPS. Ditambah lagi, adanya dukungan 52 compute unit yang mampu mencapai kecepatan hingga 1,825 GHz. Jika dibandingkan, maka performa GPU dari Xbox Series X ini sejajar dengan performa Nvidia RTX 20280 yang biasa digunakan di dalam komputer PC.

Kombinasi antara CPU dan GPU yang tangguh membuat perangkat ini mampu menghasilkan kualitas grafis memuaskan. Perangkat game console ini mampu menghasilkan resolusi gambar sebesar 4K dengan kecepatan frame rate yang berkisar di angka 60 – 120 fps. Ini pastinya membuat aktivitas bermain game console Xbox apapun terasa semakin menyenangkan.

Kapasitas Memori

Untuk mendukung aktivitas bermain game Anda, piranti Xbox Series X ini dilengkapi dengan kapasitas memori RAM seluas 16 GB GDDR6. Dengan dukungan RAM sebesar itu, Anda dapat menjalankan berbagai macam game dan fitur-fitur di dalam perangkat game console ini dengan lebih mudah. Dari segi memori internal, Xbox Series X ini dibekali dengan kapasitas memori internal sebesar 1 TB. Game favorit Anda dapat tersimpan dengan baik di dalamnya. Jika dirasa kurang, Microsoft juga menawarkan fitur slot memori eksternal yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menambahkan memori tambahan hingga mencapai 1 TB.

Keunggulan Xbox Series X

Sejak diluncurkan pada bulan November 2020, Xbox Series X mendapatkan respons yang sangat positif dari para penggemar Xbox. Tentunya, ada alasan mengapa game console ini begitu dinanti-nantikan. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki Xbox Series X:

1. Resolusi Grafis dan Frame Rate yang Memanjakan Pemain

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Xbox Series X adalah spesifikasi grafis yang sangat mumpuni. Perangkat ini didukung dengan kualitas 4K sebagai resolusi grafis standar yang menghadirkan tampilan visual yang terasa sangat realistis. Bahkan, Anda juga dapat menambahkan resolusi tersebut menjadi lebih tinggi lagi. Pengaturan resolusi layar untuk perangkat game ini mampu diatur hingga mencapai 8K.

Kemampuan frame rate yang ditawarkan oleh perangkat ini juga tak kalah tangguh. Xbox Series X mengusung frame rate dengan kecepatan 120 fps. Dengan kemampuan yang cukup besar tersebut, Anda dapat memainkan game Xbox apapun dengan lancar.

2. Lebih Tangguh Dibandingkan Playstation 5

Banyak orang yang membandingkan Xbox Series X dengan Playstation 5. Masuk akal, karena memang kedua perangkat console dari produsen yang berbeda ini sama-sama diluncurkan pada penghujung akhir tahun 2020. Dilihat dari ketangguhan komponen GPU, Xbox Series X bisa dibilang lebih unggul. Hal tersebut dapat dilihat dari output teraflops yang dihasilkan oleh komponen GPU AMD Zen 2 yang diusungnya.

Kartu grafis tersebut mampu menghasilkan daya teraflops yang mencapai 12 teraflops. Hal tersebut berbanding cukup jauh dengan GPU yang dimiliki oleh Playstation 5. Game console dari Sony tersebut hanya mampu mencapai angka output sebesar 9.2 teraflops saja.

3. Mengusung Controller Ternyaman

Dari semua game console yang ada, Anda pasti setuju bahwa Xbox memiliki desain controller yang terbaik. Controller dari Xbox memang memiliki desain ergonomis yang nyaman di genggaman. Terlebih lagi, Microsoft juga mengembangkan berbagai macam fitur baru yang diimplementasikan ke dalam controller Xbox Series X. Salah satu fitur terbaru dari perangkat console Xbox ini adalah tombol share yang memudahkan Anda untuk membagikan progress game dengan teman-teman.

Selain itu, controller milik XboX Series X ini juga memiliki desain Elite D-Pad yang membuat Anda tetap merasa nyaman walaupun memainkan game selama berjam-jam. Selain itu, Microsoft juga menambahkan fitur backward-compatibility yang membuat aktivitas gaming Anda dengan perangkat Xbox ini menjadi lebih fleksibel.

4. Tampilan yang Elegan dan Ergonomis

Keunggulan lainnya yang menjadi daya jual utama dari Xbox Series X ini dilihat dari segi tampilan desainnya. Hadir dengan warna hitam polos yang elegan, game console Xbox ini punya ukuran yang tidak jauh berbeda dari Xbox One. Bentuknya yang ramping memungkinkan perangkat console ini untuk disimpan di sebelah TV. Tamu yang berkunjung tentunya akan mengira bahwa Anda memiliki speaker TV yang mewah. Selain itu, tampilannya juga sangat ringkas. Sehingga, Anda dapat menyimpannya dengan sangat mudah dimanapun diinginkan.

5. Dilengkapi dengan Fitur Pendingin

Bermain game terlalu lama tak jarang membuat console menjadi lebih mudah panas. Tanpa adanya sistem pendinginan yang mumpuni, console akan mengalami overheating. Tentunya, hal tersebut akan sangat mempengaruhi performa console. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena Microsoft menanamkan fan besar di dalam bagian CPU console. Dengan adanya fan tersebut, maka suhu Xbox pun akan senantiasa dalam kondisi stabil. Anda pun dapat memainkan berbagai macam game dengan leluasa.

Tips Mendapatkan Xbox Series X

Xbox Series X dijual dengan kisaran harga Rp 7,4 juta. Bagi Anda yang ingin mendapatkannya, dapat langsung membeli perangkat ini secara tunai. Namun, bagi Anda yang memiliki budget minim, jangan berkecil hati. Karena, berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda memperoleh game console idaman ini.

1. Mulai Menabung

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan Xbox Series X adalah dengan menabung. Pastikan untuk membuat rekening bank yang terpisah dari rekening sehari-hari dan rekening darurat. Jika Anda ingin sesegera mungkin mendapatkan perangkat game console ini, tentunya jumlah uang yang harus ditabung pun harus semakin banyak. Misalnya, Anda dapat menyisihkan 50 – 60% uang upah kerja Anda setiap bulannya untuk menabung game console ini.

Namun, jika Anda tidak keberatan untuk menabung dalam jangka waktu lama, maka boleh saja menabung dengan persentase yang lebih kecil. Misalnya, sekitar 20 – 30% dari penghasilan.

2. Mencari Kerja Sampingan

Apabila penghasilan utama Anda ternyata tidak mencukupi untuk menabung, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mencari pekerjaan sampingan. Saat ini, ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi uang. Anda dapat mencari berbagai jenis pekerja sampingan tersebut secara online dan sesuai dengan minat dan keahlian.

Namun, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan manajemen waktu yang bagus. Jangan sampai pekerjaan sampingan Anda mengakibatkan pekerjaan utama terbengkalai. Anda dapat menyalurkan upah dari pekerjaan sampingan tersebut ke dalam rekening tabungan. Tentunya, hal ini dapat menjadi cara yang cepat untuk menambah uang di dalam rekening tabungan Anda. Semakin dekat pula Anda dengan impian memperoleh Xbox Series X.

3. Menghemat Pengeluaran

Selain menabung, ada baiknya Anda mulai mengontrol pengeluaran. Agar dapat mengawasi arus keluar-masuknya uang, sebaiknya Anda mencatatnya di dalam sebuah buku. Mencatat pengeluaran tiap bulannya tentu akan sangat membantu Anda dalam memilah-milah jenis pengeluaran mana yang bisa dikurangi.

Bisa saja, Anda tidak merasa bahwa segelas kopi yang dibeli setiap pagi menyedot biaya yang cukup banyak saat dijumlahkan. Jika pengeluaran Anda terkontrol, maka akan semakin banyak pula uang yang bisa dimasukkan ke dalam tabungan.

4. Jual Perangkat Console yang Sudah Tidak Digunakan

Apakah Anda memiliki console Xbox One atau Xbox 360 yang sudah lama tidak digunakan? Daripada membiarkannya berdebu, mengapa tidak menjualnya saja? Dengan demikian, Anda akan memiliki uang yang cukup untuk membeli Xbox Series X yang sudah lama diidam-idamkan.

Tentunya, pastikan bahwa perangkat console yang akan Anda jual dalam kondisi yang bagus. Akan lebih baik lagi jika Anda masih menyimpan semua aksesoris, buku manual, dan dus dari perangkat Xbox tersebut. Semakin lengkap aksesoris yang ada, akan semakin mahal pula harga jualnya.

Demikianlah ulasan spesifikasi dan tips membeli console Xbox Series X. Semoga informasi di atas memberikan manfaat untuk Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memiliki Xbox Series X?

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00