Pengolahan Limbah Industri Kini Hadir di Karawang

Sosialisasi tempat pengolahan Limbah b3 di Karawang, Jawa Barat. Foto: Ryan Suryadi/RRI

KBRN, Jakarta: PT Prasadha Pamunah Industri (PPLI) berupaya memperluas area pengolahan limbah industri. Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, menjadi satu di antara daerah yang memenuhi persyaratan secara geologi dan kontur lahan.

Dalam upaya memenuhi kewajiban pembukaan kawasan industri, sosialisasi analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) di lakukan pihak PPLI.  Sejumlah stakeholder hadir, termasuk perwakilan masyarakat dari empat desa yang berada dalam lokasi terdekat dengan perusahaan yaitu Desa Karanganyar, Desa Curug, Desa Mulyasari, dan Desa Mulyasejati.

"Ini merupakan tanggungjawab yang harus dilaksanakan perusahaan kepada masyarakat. Masyarakat berhak tahu apa yang akan dilakukan perusahaan di kawasan tersebut dan apa dampak positif atau negatif yang akan diterima masyarakat atas keberadaan perusahaan kami disini," ungkap Manajer Humas PPLI, Arum Tri Pusposari di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/6/2022).

Diungkapkan Arum, apa yang akan diterapkan PPLI di Karawang sama seperti apa yang telah dilakukan perusahaan selama ini di dua desa sekitar perusahaan, Desa Nambo dan Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal Bogor. 

"Pertama, kita akan mencari karyawan sesuai klasifikasi perusahaan dimulai dari masyarakat sekitar, bila tidak ditemukan baru kita cari keluar wilayah ini," katanya.*

Kedua lanjut Arum, kegiatan-kegiatan pemberdayaan sebagai bentuk tanggungjawab sosial juga menjadi perhatian perusahaan. 

"Tentu yang terpenting menjamin kegiatan pengolahan yang dilakukan perusahaan aman dan tak mengganggu aktivitas serta kehidupan masyarakat sekitar," tandasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan menilai penting hadirnya perusahaan pengolah limbah industri mengingat Kabupaten Kerawang merupakan kawasan industri yang terus berkembang. 

"Semakin mendesak hadirnya perusahaan pengolah limbah yang profesional dan terintegrasi," tandasnya.

PPLI direncanakan akan menempati lahan seluas 68 hektar di Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Di tempat ini akan dilengkapi fasilitas serupa dengan PPLI di Klapanunggal, Bogor yaitu mulai dari layanan transportasi, daur ulang, pengolahan limbah padat dan cair hingga penimbunan akhir (landfill).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar