Masyarakat Datang ke Ancol, Saksikan Fenomena Supermoon

Warga yang mencoba menyaksikan supermoon dari dekat di kawasan pantai Ancol, Selasa (14/6/2022). Foto: Ryan Suryadi/RRI

KBRN, Jakarta: Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta menjadi tempat masyarakat melihat pemandangan bulan purnama atau supermoon pada Selasa malam (14/6/2022). 

Di lokasi Ancol ini, pihak pengelola Planetarium Jakarta menyediakan tiga teropong untuk dimanfaatkan masyarakat melihat fenomena alam supermoon. 

"Kami merasa memiliki tanggung jawab moral untuk memperkenalkan astronomi kepada masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta," ujar Penceramah Astronomi Planetarium dan Observatorium Jakarta Muhammad Raihan. 

Menurutnya setiap tahun banyak sekali fenomena astronomi yang dapat menjadi edukasi kepada masyarakat. Dengan adanya fenomena supermoon tersebut, Raihan memprediksi akan terjadi pasang surut air laut. 

"Memang setiap bulan kita memiliki bulan purnama, tapi ada saatnya bulan purnama lebih rendah, lebih menarik, dan secara sains bisa memberikan kita banyak pengetahuan, "kata Raihan.

Raihan menyebut, pihak planetarium Jakarta menyediakan tiga teleskop untuk bisa dipakai masyarakat dan satu teleskop digunakan untuk live streaming. Kegiatan Planetarium Jakarta ini diberi nama: Piknik Malam Bareng Supermoon

Salah seorang warga Jakarta Pusat,  Rachel (20) sengaja datang ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol untuk bisa menyaksikan langsung fenomena supermoon. 

"Tujuannya mau lihat supermoon pakai teleskop, awalnya lihat Instagramnya Planetarium Jakarta, terus tertarik dan datang," kata Rachel. "Sudah lihat dari dekat, keren banget. Biasanya kan ngelihat dari jauh, tadi terlihat jelas banget ada kawahnya, pokoknya bagus sih." 

Rachel yang datang bersama seorang kawan, tidak hanya melihat supermoon dengan teleskop, namun juga mendapat pelajaran mengenai revolusi dan rotasi bumi. 

"Semoga makin sering (Piknik Malam Bareng Supermoon) dan terus infonya lebih disebarkan. Jadi semakin banyak orang yang belajar tentang bulan dan benda langit lainnya,"kata Rachel. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar