"Cacing Super" Ini Mampu Mengunyah Sampah Plastik

Polistirena di dalam perut

KBRN, Brisbange: Para peneliti di University of Queensland, Australia, telah menemukan spesies cacing penyuka polistirena yang dapat menjadi kunci daur ulang plastik dalam skala massal. Polistirena adalah polimer plastik bening yang digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya sebagai wadah pembungkus barang atau makanan.

Para ilmuwan menemukan 'cacing super' Zophobas morio biasa dapat memakan polistirena, berkat enzim bakteri di usus mereka.

Dr Chris Rinke dan timnya dari School of Chemistry and Molecular Biosciences di University of Queensland memberi makan cacing super dengan makanan yang berbeda selama periode tiga minggu, dengan beberapa diberi busa polistiren, beberapa dedak, dan lainnya menjalani diet puasa.

"Kami menemukan bahwa cacing super yang diberi diet polistirena tidak hanya bertahan hidup, tetapi bahkan mengalami sedikit kenaikan berat badan," kata Dr Rinke, seperti dikutip dari University of Queensland, Sabtu (11/6/2022).

"Ini menunjukkan bahwa cacing dapat memperoleh energi dari polistirena, kemungkinan besar dengan bantuan mikroba usus mereka."

Para peneliti menggunakan teknik yang disebut "metagenomics" untuk menemukan beberapa enzim yang dikodekan dengan kemampuan untuk mendegradasi polistirena dan stirena. Tujuan jangka panjangnya adalah merekayasa enzim untuk mendegradasi sampah plastik di pabrik daur ulang melalui pencacahan mekanis, diikuti dengan biodegradasi enzimatik.

"Cacing super seperti tanaman daur ulang mini, merobek-robek polistirena dengan mulutnya dan kemudian memberi makan bakteri di usus mereka," kata Dr Rinke.

"Produk pemecahan dari reaksi ini kemudian dapat digunakan oleh mikroba lain untuk membuat senyawa bernilai tinggi seperti bioplastik."

Diharapkan cara ini akan mendorong daur ulang sampah plastik dan mengurangi Tempat Pembuangan Akhir.

Rekan penulis penelitian, kandidat PhD Jiarui Sun, mengatakan mereka berencana menumbuhkan bakteri usus cacing di laboratorium dan menguji lebih lanjut kemampuannya untuk mendegradasi polistiren.

"Kami kemudian dapat melihat bagaimana kami dapat meningkatkan proses ini ke tingkat yang diperlukan untuk seluruh pabrik daur ulang," kata Sun.