Tips Memilih Aplikasi Kasir

Aplikasi kasir

KBRN, Jakarta: Aplikasi kasir pintar adalah salah satu contoh inovasi dari perkembangan teknologi masa kini. Penggunaan software tersebut dapat membantu kelancaran operasional bisnis, karena mempermudah dan mempercepat jalannya transaksi.

Jika hendak memilih software aplikasi kasir, ada baiknya memperhatikan beberapa kiat berikut terlebih dahulu.

Tips Memilih Software Kasir

1. Sesuaikan dengan Budget

Budget adalah hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika hendak memilih aplikasi kasir. Khususnya jika Anda termasuk pebisnis pemula, sangat penting untuk memilih software Point of Sale (POS) yang sesuai dengan budget. Jangan sampai keperluan bisnis lainnya jadi tidak bisa terpenuhi karena Anda harus membayar aplikasi dengan harga yang melebihi budget.

Selain itu, tidak semua software yang mahal selalu menawarkan fitur sesuai dengan harganya. Sebaliknya, aplikasi yang murah pun tidak selalu hanya menyediakan fitur seadanya. Jadi pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu terkait keseimbangan antara fitur yang ditawarkan dengan banderol harga atas software tersebut.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Setiap bisnis umumnya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Sehingga, dalam memilih aplikasi kasir pintar pun harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan bisnis Anda sendiri. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan fitur, yang mana dapat membantu dalam menentukan kesesuaian antara fitur yang ditawarkan oleh penyedia jasa dengan banderol harganya. 

Perlu diperhatikan, fitur yang digunakan pada perusahaan manufaktur, bisa sangat berbeda dengan fitur yang digunakan pada perusahaan jasa, perdagangan, pendidikan, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, bisnis Anda adalah salon rambut, maka besar kemungkinan Anda tidak memerlukan fitur khusus berupa pengelolaan bahan baku yang dibutuhkan oleh bisnis restoran.

3. Fitur yang Selalu Diperbarui

Sistem POS yang baik adalah yang mampu mengikuti perkembangan zaman. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi memang telah berkembang sangat pesat, dan berhasil mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk kegiatan transaksi. Apabila POS yang Anda pilih fiturnya tidak pernah diperbaharui, maka kemungkinan Anda perlu berganti sistem baru untuk beberapa tahun ke depan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar