Rencana Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Jakarta

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta menyatakan, akan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 34 lokasi tahun ini.

PLTS tersebut nantinya dipasang di gedung sekolah, GOR, rumah sakit, puskesmas, gedung pemerintahan hingga halte bus TransJakarta.

"34 lokasi yang akan dipasang PLTS tersebar enam di Jakarta Pusat, enam di Jakarta Utara, empat di Jakarta Selatan, enam di Jakarta Barat, enam di Jakarta Timur, dua di Kepulauan Seribu, dan empat di halte Transjakarta," kata Kepala Dinas Nakertransgi DKI Jakarta Andri Yansyah, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan, PLTS itu akan menjadi sumber energi listrik untuk keperluan gedung atau kantor.

"Empat halte Transjakarta yang akan dipasang PLTS terdiri dari Halte Transjakarta Cawang Ciliwung, Halte Transjakarta Gatot Subroto LIPI, Halte Transjakarta Cawang UKI dan Halte Transjakarta Pancoran Barat," kata Andri.

Pemasangan PLTS di 34 lokasi ini, kata dia, adalah bagian dari langkah menggencarkan pemanfaatan energi terbarukan, serta mendukung green building dan aksi mengurangi emisi gas rumah kaca.

"Saat ini, pemasangan PLTS masih dalam tahap pengadaan," kata dia.

Diprediksi, pemasangan PLTS bisa dimulai Juni 2022 mendatang.

“Daya total PLTS ini 511 kilowatt peak (kWp). Nilai kontrak belum ada, pagu anggaran sekitar Rp15 miliar,” kata Andri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar