Praktik Etika Kepedulian Perusahaan Membantu Keberlangsungan Masyarakat

Ilustrasi merawat tanaman. (Foto: University of Eastern Finland)

KBRN, Kuopio: Mempraktikkan etika kepedulian dalam kewirausahaan sosial berdampak langsung dan jangka panjang pada keberlangsungan hidup masyarakat, menurut studi University of Eastern Finland yang diterbitkan dalam Entrepreneurship & Regional Development.

Etika kepedulian menekankan tanggung jawab dan kepedulian terhadap orang lain. Etika kepedulian mengacu pada interaksi yang melibatkan kepedulian, tanggung jawab, komitmen, dan mendengarkan. Dalam dunia bisnis, perusahaan yang mempraktikkan etika kepedulian melihat manfaat tersebut pada masyarakat sama pentingnya dengan margin keuntungan mereka.

Studi ini dilakukan sebagai penelitian etnografi, menganalisis dua perusahaan sosial yang beroperasi di India. Salah satu perusahaan kasus mengembangkan solusi rendah karbon dan terbarukan dari residu biomassa. Pengusaha bekerja dengan masyarakat pedesaan untuk menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan dari daun pinus, limbah yang sebelumnya diabaikan yang berlimpah di hutan. Selain menghasilkan pendapatan bagi penduduk setempat, perusahaan juga berkontribusi untuk mengurangi kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Perusahaan kasus lain, di sisi lain, menjangkau anak-anak sekolah di daerah pedesaan dan semi-perkotaan untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang energi terbarukan, perputaran ekonomi, dan perubahan iklim. Selain itu, para pengusaha menjangkau petani untuk memberikan keterampilan teknis untuk menjadi pengusaha mikro tenaga surya.

Kedua perusahaan kasus yang dipelajari beroperasi di daerah-daerah di mana orang-orang hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit. Etika kepedulian yang dipraktikkan oleh perusahaan memperkuat harga diri masyarakat lokal dan meningkatkan aktivitas ekonomi mereka. Selain itu, praktik etika kepedulian mengarahkan perhatian pada struktur sosial yang mempertahankan kemiskinan dan pengucilan sosial, seperti dikutip dari University of Eastern Finland, Kamis (19/5/2022).

"Studi ini memberikan wawasan yang menarik tentang bagaimana perusahaan yang mempromosikan keberlanjutan sosial meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengarahkan masyarakat menuju transisi keberlanjutan jangka panjang," kata Profesor Hanna Lehtimäki dari University of Eastern Finland.

Perusahaan kasus yang dipelajari di India beroperasi dalam situasi yang sangat menantang. Namun, etika kepedulian dapat dipraktikkan oleh perusahaan di mana saja.

"Perusahaan yang mempraktikkan etika kepedulian juga akan mempercepat transformasi keberlanjutan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengatasi struktur masyarakat yang perlu direformasi agar transformasi keberlanjutan terjadi," kata Peneliti Pascadoktoral Subhanjan Sengupta dari University of Eastern Finland.

"Bagi mereka yang ingin mempromosikan keberlanjutan sosial, hasil penelitian ini menggembirakan. Tindakan keberlanjutan kami sendiri dalam situasi interaksi sehari-hari juga membentuk struktur sosial dalam arti yang lebih luas," kata Lehtimäki.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar